Orang Tua Wajib Tahu! 5 Tanda Pertemanan Tidak Sehat Pada Buah Hati

- Jumat, 1 Juli 2022 | 18:19 WIB
Ilustrasi pertemanan pada anak (Pexels/Victoria Art)
Ilustrasi pertemanan pada anak (Pexels/Victoria Art)

AYOCIREBON.COM - Ayah dan bunda, tahu tidak kalau tidak semua pertemanan pada anak itu sehat? Sangat penting bagi orang tua untuk mengenali tanda-tanda teman yang justru berpengaruh buruk pada anak.

Faktanya beberapa pertemanan justru membuat anak stres, cemas, dan bingung.

Hal ini karena anak belum mengetahui apakah orang tersebut benar-benar teman atau justru musuh. Lalu bagaimana tanda-tanda pertemanan yang tidak sehat? Dirangkum verywellfamily, yuk langsung simak uraiannya!

Baca Juga: Anak Terlalu Lama Menatap Gadget? Siap-Siap Hadapi Risikonya

1. Ketidakseimbangan kekuatan

Pertemanan yang tidak sehat tidak melibatkan kerja sama. Pertemanan yang berat sebelah, misalnya hanya satu orang yang berusaha menjangkau, membuat rencana, mendukung secara emosional merupakan ciri pertemanan yang tidak sehat.

2. Perilaku tidak baik

Pertemanan yang tidak sehat akan menunjukkan perilaku buruk, seperti mengolok-olok, berbicara buruk tentang anak. Mereka mungkin bisa saja merendahkan anak di depan orang lain.

Bila kamu tidak yakin apakah teman yang anakmu punya itu bersikap tidak baik, lihat lebih dekat bagaimana anak bertindak ketika temannya ada di sekitarnya. Perubahan halus dalam ekspresi atau perilaku dapat memberikan lebih banyak wawasan.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: verywellfamily.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini