4 Jenis Pola Asuh dan Pengaruhnya Kepada Anak, Calon Ibu Harus Tahu!

- Selasa, 12 Juli 2022 | 06:01 WIB
Ilustrasi penerapan pola asuh kepada anak (Pexels/Agung Pandit Wiguna)
Ilustrasi penerapan pola asuh kepada anak (Pexels/Agung Pandit Wiguna)

AYOCIREBON.COM -- Pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak akan menentukan seperti apa anak tumbuh. Bahkan, disebutkan jika pola asuh juga bisa mempengaruhi akademik anak.

Sangat penting bagi orang tua untuk bisa menerapkan pola asuh yang tepat. Lantas, bagaimana sebenarnya pola asuh yang benar? Apa pola asuh yang kita terapkan sebagai orang tua sudah sesuai?

Lalu, apa saja jenis-jenis pola asuh yang biasa orang tua terapkan dan bagaimana seharusnya kita mengasuh anak?

Berikut jenis-jenis pola asuh dan pengaruhnya kepada anak yang wajib diketahui oleh para calon ibu melansir dari verywellfamily.com

Baca Juga: Jabar Bergerak Zillenial Kota Cirebon Distribusikan Hewan Kurban ke Beberapa Wilayah di Cirebon

1. Pola asuh otoriter

Pola asuh pertama adalah pola asuh otoriter. Pada pola asuh ini anak harus mengikuti semua aturan yang diberikan orang tua tanpa alasan apapun.

Fokus orang tua pada pola asuh ini adalah kepatuhan. Anak tidak dilibatkan dalam pemecahan masalah. Orang tua yang menerapkan pola asuh ini membuat aturan dan menegakkan konsekuensi dengan sedikit memperhatikan pendapat anak. Orang tua yang otoriter dapat menggunakan hukuman daripada disiplin.

Dampak dari pola asuh otoriter terhadap anak ialah anak berisiko lebih tinggi mengalami masalah harga diri karena pendapat mereka tidak dihargai.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini