Pohon Gharqad dan Hikayat Perang Islam Yahudi Jelang Kiamat dalam Hadits

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:25 WIB
Pohon Gharqad dan Hikayat Perang Islam Yahudi Jelang Kiamat dalam Hadits (foto: bestglitz)
Pohon Gharqad dan Hikayat Perang Islam Yahudi Jelang Kiamat dalam Hadits (foto: bestglitz)

AYOCIREBON.COM - Dalam suatu hikayat, dikisahkan akan terjadi Perang Islam Yahudi jelang kiamat. Pohon Gharqad jadi salah satu tanaman yang disebutkan dalam hadits.

Dilansir dari Republika, pada akhir zaman, di antara pertanda kiamat nantinya adalah umat Islam akan memerangi kaum Yahudi, hingga mereka bersembunyi di beberapa tempat, salah satunya di pohon Gharqad tempat mereka berlindung.

Baca Juga: Hikayat Perjalanan Dajjal dari Sodom dan Gomorah ke Segitiga Bermuda

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ، فَيَقْتُلُهُمُ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ، فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوِ الشَّجَرُ: يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ، إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata, 'Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia'. Kecuali (pohon) gharqad karena ia adalah pohon Yahudi."

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), Ustadz Jeje Zaenudin, menyatakan hadits tersebut sahih. Hal itu terdapat di antaranya dalam kitab Shahih Muslim no 2922.

Baca Juga: Tes Pengetahuan Islam Tentang Perang Badar

"Hadits itu termasuk "bisyarah nubuwah" berita kenabian tentang masa depan umat manusia. Terutama tentang konflik Muslim dengan yahudi. Pada puncaknya akan terjadi perang dahsyat antara kedua kelompok karena kezaliman yahudi yang sudah amat keterlaluan menjajah negeri Palestina," kata Ustadz Jeje.

Lantas, pohon apakah Gharqad itu? Umumnya, orang merujuk pada dua tanaman berduri yang hidup di padang pasir. Ada yang menyebut Gharqad adalah tanaman yang dalam bahasa Arab disebut Ausaj.

Para ilmuwan menyebut spe sies ini sebagai Lycium Shawii. Pohon ini kerap pula disebut dengan istilah Boxthorn.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini