3 Lokasi yang Diduga jadi Tempat Keluarnya Dajjal, Tuhan Palsu Pembawa Fitnah Jelang Kiamat

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:09 WIB
3 Lokasi yang DIduga jadi Tempat Keluarnya Dajjal, Tuhan Palsu Pembawa Fitnah Jelang Kiamat ((via Republika))
3 Lokasi yang DIduga jadi Tempat Keluarnya Dajjal, Tuhan Palsu Pembawa Fitnah Jelang Kiamat ((via Republika))

AYOCIREBON.COM - Keluarnya Dajjal merupakan tanda kiamat besar akan muncul di akhir zaman, dengan lokasi keluarnya Dajjal yang dapat ditelisik melalui sejumlah hadits Rasulullah dan pendapat ulama.

Dalam riwayat yang beredar, sebelum Dajjal keluar disebutkan manusia diuji dahulu dengan kemarau dan kelaparan, serta tidak turunnya hujan dan musnahnya pepohonan selama 3 tahun berturut-turut. Hewan-hewan ternak pun ikut mati.

Lokasi pasti Dajjal muncul di mana memang masih jadi misteri, namun setidaknya ada 3 lokasi yang diduga bakal menjadi tempat kemunculan Dajjal, yakni Isfahan, Khurasan, dan Segitiga Bermuda.

Baca Juga: Ciri-ciri Dajjal dari Hadits Rasulullah dan Buku Quraish Shihab, Fitnah Besar Jelang Kiamat

Isfahan dan Khurasan, sebagai 2 lokasi kemunculan Dajjal, disebutkan dalam hadits Rasulullah. Sedangkan satu lokasi lain, Segitiga Bermuda, merujuk pada klaim Muhammad Isa Daud dalam buku Dialog Dengan Jin Muslim yang sangat bikin heboh di awal milenium 2000-an.

Lokasi kemunculan Dajjal ini terus menjadi perbincangan sepanjang sejarah Islam hingga zaman kiwari. Dajjal yang memiliki ciri fisik bermata satu, serta mengaku sebagai Tuhan palsu ini mesti diwaspadai.

Sejumlah riwayat bahkan menyebutkan agar setiap Muslim menghindari pertemuan dengan Dajjal agar dapat terhindar dari fitnah akhir zaman, menunjukkan betapa kuat pengaruh dari sosok ini sehingga ia mesti dihindari, termasuk oleh Muslim yang memiliki iman kuat sekalipun.

Di mana Dajjal muncul, berdasarkan sejumlah riwayat dan hikayat disebutkan bahwa ia bakal muncul yang memiliki ciri tertentu. Merujuk pada petunjuk Rasulullah, Dajjal mungkin muncul di Isfahan atau Khurasan, Iran, atau di wilayah yang dulunya merupakan dikenal dengan sebutan Persia.


1. Khurasan

Peta Khurasan, lokasi di mana kemunculan Dajjal? (Google)

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini