Keistimewaan Surat Al Kautsar Menurut Prof Quraish Shihab : Diturunkan Khusus untuk Rasulullah SAW

- Kamis, 22 September 2022 | 10:22 WIB
Keistimewaan Surat Al Kautsar Menurut Prof Quraish Shihab
Keistimewaan Surat Al Kautsar Menurut Prof Quraish Shihab

AYOCIREBON.COM -- Makna dan keistimewaan Surat Al Kautsar dibeberkan oleh Pendiri Pusat Studi Al Qur’an (PSQ) Profesor Muhammad Quraish Shihab.

Prof Quraish Shihab, begitu sapaan akrabnya, menjelaskan Al Kautsar yang berati memberikan banyak hal, dimaknai secara khusus dengan banyak keturunan.

Menurut Prof Quraish Shihab, keturunan bisa dikaitkan dengan anak perempuan maupun anak laki-laki. Di sisi lain, Surat Al Kautsar ini diturunka ketika Rasulullah SAW kehilangan putranya.

Baca Juga: Doa Tolak Bala Latin dan Terjemahnya, Dibaca Saat Rebo Wekasan Supaya Terhindar dari Musibah

“Surat ini diturunkan ketika Nabi Muhammad saw kehilangan putranya. Ketika itu banyak ucapan orang yang menyatakan bahwa Muhammad telah terputus keturunannya,” ungkapnya dikutip dari NU Online.

Mufasir jebolan Universitas Al Azhar, Kairo itumenjelaskan jika peristiwa tersebut menjadi alasan Surat Al Kautsar diturunkan oleh Allah SWT khusus untuk Nabi Muhammad SAW

Walaupun Surat Al Kautsar adalah surah terpendek, namun menurut Prof Quraish Shihab memiliki makna yang sangat besar.

Baca Juga: Lirik Lagu Sholawat Hayyul Hadi Lengkap Latin dan Artinya

“Itu (Al-Kautsar) yang paling pendek dalam Al Qur’an, itu (Al-Kautsar) hanya terdiri dari 3 ayat. Tiga ayatnya, satu ayat huruf-hurufnya sangat terbatas,” ucap Quraish Shihab.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini