Cek Fakta Mandi Malam Diklaim Jadi Penyebab Penyakit Rematik, Ini Kata Ahli

- Minggu, 25 September 2022 | 12:00 WIB
Cek Fakta Mandi Malam Diklaim Jadi Penyebab Penyakit Rematik, Ini Kata Ahli (pixabay/tookapic)
Cek Fakta Mandi Malam Diklaim Jadi Penyebab Penyakit Rematik, Ini Kata Ahli (pixabay/tookapic)

AYOCIREBON.COM -- Mandi malam hari sering kali ditakutkan sebagian orang karena rumor yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik.

Nyatanya, banyak penelitian mengenai dampak mandi malam yang mengatakan jika mandi pada malam hari tidak menyebabkan timbulnya penyakit rematik.

Melansir laman orami.co.id, hasil studi yang dilakukan oleh Perhimpunan Reumatologi Indonesia menunjukkan jika mandi malam atau dalam keadaan cuaca dingin tidak menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Emak-Emak Keasyikan Joget di Hajatan hingga Panggung Roboh, Netizen Tuduh Si Baju Oranye

Namun, faktor dingin ini dapat memperparah keluhan pada penderita rematik tertentu sehingga jika terkena dingin akan terasa nyeri pada persendian.

Hal ini juga dijelaskan oleh dr.Riska Larasati dalam website alodokter.com bahwa penyakit rematik atau dalam bahasa medisnya adalah rheumatoid arthritis merupakan suatu kondisi autoimun sehingga terjadi gangguan sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan terjadinya peradangan sendi.

Maka dari itu, kondisi autoimun tidak sama sekali berkaitan dengan kondisi seperti kegiatan mandi pada malam hari.

Baca Juga: Loker Cirebon: 7 Lowongan Kerja Lulusan SMK di PT Korea Tomorrow & Global Indonesia Bisa Melamar Online di Sin

Dikutip dari laman kominfo.go.id, Dokter Spesialis Penyakit dalam dan Konsultan Reumatologi Handono Kalim pun menegaskan bahwa mandi pada malam hari menyebabkan rematik hanyalah mitos belaka.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini