Cara Membaca Manhwa Bagi Pemula, Lengkap dengan 3 Rekomendasi Situ Baca Onlinenya

- Minggu, 20 November 2022 | 20:14 WIB
salah satu manhwa di tappytoon judul Lottery Princess ( ( Instagram @tappy_toon ))
salah satu manhwa di tappytoon judul Lottery Princess ( ( Instagram @tappy_toon ))

AYOCIREBON.COM - Jika Anda pecinta manga atau novel ringan, anda pasti tahu bahwa sebagian besar konten yang dinikmati para otaku berasal dari Jepang yang memiliki cita rasa Jepang yang khas.

Tapi Jepang bukan satu-satunya negara yang memproduksi konten bergambar luar biasa, dalam beberapa tahun terakhir, manhwa Korea Selatan semakin populer.

Pada tahun 2022, kami melihat penerbit Barat beralih untuk mempublikasikan lebih banyak konten dari kreator Korea Selatan, baik secara fisik maupun digital.

Bagi kamu yang masih belum tau apa itu manhwa, kami akan ulas beberapa hal mengenai gambar yang dibuat oleh konten dari Korea Selatan ini.

Baca Juga: Harga HP Realme C35 Edisi November 2022, Cek juga Update Terbaru Harga HP Realme Series Lainnya di Sini

Manhwa adalah istilah Korea Selatan untuk karya bergambar komik yang setara dengan manga Jepang dan manhua Cina. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara manga dan manhwa.

Pertama, manhwa dibaca dari kiri ke kanan, seperti komik Barat, dibandingkan dengan format Jepang kanan ke kiri. Jika Anda telah membaca manga untuk sementara waktu, ini memerlukan beberapa penyesuaian, terutama karena aksi akan mengalir berbeda di tata letak panel

Kedua, manhwa hampir selalu disajikan dalam warna penuh, dibandingkan dengan gaya manga hitam-putih tradisional. Meskipun beberapa kreator Jepang akan membuat ilustrasi berwarna untuk bab pembuka atau acara khusus, manhwa selalu tersedia dalam warna yang indah.

Terakhir, era modern manhwa menjamur secara online, dan mengadopsi presentasi vertikal yang dioptimalkan untuk smartphone; ada beberapa persilangan di sini dengan apa yang kita kenal di Barat sebagai "webtoon", meskipun menyebut webtoon manhwa tidak sepenuhnya benar.

Halaman:

Editor: Lita Andari Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini