Keraton Kasepuhan, Objek Wisata Unggulan Kota Cirebon yang Wajib Dikunjungi

- Kamis, 24 Maret 2022 | 14:09 WIB
Keraton Kasepuhan, Objek Wisata Unggulan Kota Cirebon yang Wajib Dikunjungi (www.cirebonkota.go.id)
Keraton Kasepuhan, Objek Wisata Unggulan Kota Cirebon yang Wajib Dikunjungi (www.cirebonkota.go.id)

AYOCIREBON.COM -- Keraton Kasepuhan menjadi salah satu objek wisata yang sangat dikenal di Kota Cirebon. Tempat wisata ini terletak di Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Melansir website Pemerintahan Daerah Kota Cirebon, Keraton Kasepuhan awalnya bernama Keraton Pakungwati dengan Caruban Nagari sebagai kerajaannya.

Kini, Keraton Kesepuhan menjadi objek wisata unggulan Kota Cirebon. Keraton ini didirikan oleh Syekh Syarif Hidayatullah pada 1529 M atau 1451 tahun saka oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II bergelar Panembahan Pakungwati I.

Panembahan Pakungwati I merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506, beliau bersemayam di dalem Agung Pakungwati Cirebon.

Baca Juga: 3,5 Ton Daging Kerbau Disiapkan Jelang Ramadhan di Cirebon, Harga 80 Ribu per Kilogram

Sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati.

Putri itu cantik rupawan berbudi luhur dan bertubuh kokoh serta dapat mendampingi suami, baik dalam bidang Islamiyah, pembina negara maupun sebagai pengayom yang menyayangi rakyatnya.

Nama Kasepuhan sendiri muncul setelah pelantikan Sultan Sepuh I yaitu PR Samsudin Martawijaya pada tahun 1679. Hal tersebut tercatat pada Daghregister gehouden in casteel Batavia 1624-1682: RH Unang Sunardjo, SH.

Keraton Kesepuhan memiliki banyak daya tarik wisata yang salah satunya acara Pesisir Cirebon yang di dalamnya terdapat acara kirab budaya yaitu pawai budaya yang diikuti oleh beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini