Eksistensi Lintasarta, Ketika Digitalisasi Rambah Desa hingga Kota

- Kamis, 31 Maret 2022 | 17:49 WIB
Eksistensi Lintasarta, kala digitalisasi merambah desa hingga kota. (Dok. Lintasarta)
Eksistensi Lintasarta, kala digitalisasi merambah desa hingga kota. (Dok. Lintasarta)

AYOCIREBON.COM- Di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, seorang pegawai bisa memesan makanan atau minuman secara daring / online hanya dengan mengakses website Desa Cangkingan pada menu 'Lapak Desa'.

Di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, warga desa dapat beroleh layanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari pemerintah desa setempat secara cepat dengan mengakses aplikasi Sipendil (Sistem Kependudukan, Informasi, dan Layanan).

Mereka bahkan bisa mengeluh, beraspirasi, hingga mengetahui kegiatan desa dan promosi wisata di Desa Sitiwinangun yang populer sebagai kampung gerabah di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, seorang pelajar yang harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat mengakses WiFi gratis yang tersedia di setidaknya 104 titik ruang publik se - Kota Cirebon.

"Tapi, jangan coba - coba mengakses konten yang macam - macam karena otomatis akan diblok," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon (DKIS Kota Cirebon), Maruf Nuryasa kepada Ayo Cirebon, Kamis, 31 Maret 2022.

Pemesanan makanan online di Desa Cangkingan, layanan NIK di Desa Sitiwinangun, atau penyediaan WiFi gratis di ruang publik se - Kota Cirebon, merupakan sebagian dari penerapan program Desa Digital yang mendukung terwujudnya Smart City atau Kota Pintar.

Realisasi program Desa Digital khususnya, telah diterapkan Desa Cangkingan, Kabupaten Indramayu, dan Desa Sitiwinangun, Kabupaten Cirebon.

Desa Cangkingan sendiri telah dinobatkan sebagai desa digital terbaik di Kabupaten Indramayu dan terbaik ke - 3 di Jabar.

Sebelum menyandang gelar itu, Kuwu Cangkingan, Didi Wahyudi mengaku, semula tak mudah menerapkan digitalisasi dalam kehidupan warga desa setempat.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini