Daftar Lengkap Buku Richard Oh Pendiri Kusala Sastra Khatulistiwa

- Jumat, 8 April 2022 | 02:03 WIB
Daftar Lengkap Buku Richard Oh Pendiri Kusala Sastra Khatulistiwa (Nong V/Unsplash)
Daftar Lengkap Buku Richard Oh Pendiri Kusala Sastra Khatulistiwa (Nong V/Unsplash)

AYOCIREBON.COM - Richard Oh dikenal sebagai sosok multitalenta. Ia merupakan sineas, penulis dan juga sastrawan yang terbilang produktif menelurkan karya.

Richard Oh lebih dikenal sebagai seorang sineas di mana ia telah banyak berkontribusi pada jagat sinema tanah air.

Beberapa karya filmnya seperti Koper (2006), Description Without Place (2012), Perburuan (2019), Love is a Bird (2019), Menunggu Bunda (2021), dll.

Baca Juga: Daftar Lengkap Film Richard Oh sebagai Pemeran dan Sutradara

Sepanjang hayatnya, diketahui Richard Oh juga telah menerbitkan sejumlah karangan buku fiksi seperti The Pathfinders of Love (1999), Heart of The Night (2000), dan The Rainmaker's Daughter (2004).

Diketahui pula bahwa Richard Oh adalah sosok yang merintis penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa bersama Takeshi Ichiki yang rutin diselenggarakan sejak 2001.

Berikut ini ringkasan dari buku-buku fiksi karangan Richard Oh.


Pathfinders of Love (1999)

Pathfinders of Love memberikan gambaran yang menarik tentang masyarakat Indonesia di tahun 90-an, dengan dengan multisiitas etnis yang tinggal di Jakarta. Novel ini dibalut dengan narasi melodramatis.

The Pathfinders of Love diterbitkan oleh Penerbit Halaman, memiliki tebal 160 halaman dengan ISBN 9799569206.


Heart of The Night (2000)

Heart of the Night berlatar di Jakarta kontemporer, mengeksplorasi tema kepemilikan, identitas, dan takdir di antara sekelompok orang Indonesia yang terlantar. Secara bergantian lucu dan tajam. 

Gaya cerita dalam fiksi ini bergerak bolak-balik antara masa lalu dan masa kini dalam aliran mulus dan tempo yang terjaga intens sampai akhir.

Heart of the Night pertama kali diterbitkan Penerbit Gamelan dalam bahasa Inggris. Dalam edisi bahasa Indonesia, judulnya menjadi Labirin Malam yang diterjrmahkan oleh Rahartati Bambang diterbitkan oleh Gramedia pada 2004.


The Rainmaker's Daughter (2004)

The Rainmaker's Daughter adalah sebuah cerita tentang seorang perempuan tanpa nama yang melarikan diri dari sebuah komunitas kecil di Kalimantan Barat, dan masa lalu yang perlahan mengejarnya.

The Rainmaker's Daughter diterbitkan oleh Penerbit Metafor dalam edisi bahasa Inggris, memiliki tebal 208 halaman dengan ISBN 9793019204.


Demikianlah daftar lengkap buku Richard Oh pendiri Kusala Sastra Khatulistiwa.

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini