Media Massa Hadapi Ancaman Usia Pendek, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat Ingatkan Ini

- Senin, 27 Juni 2022 | 21:38 WIB
Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat (kanan) saat memberikan materi dalam Bimtek dan Capacity Building Jurnalistik Kabupaten Cirebon, Senin, 27 Juni 2022. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat (kanan) saat memberikan materi dalam Bimtek dan Capacity Building Jurnalistik Kabupaten Cirebon, Senin, 27 Juni 2022. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM— Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengingatkan ancaman sisa hidup media massa yang hanya 5 tahun.

Hilman Hidayat menyebut sejumlah faktor yang membuat hidup media massa tersisa hanya seusia itu, berdasarkan riset yang dilakukan Promedia pada 2021.

Hilman Hidayat terutama menyoroti keaslian konten pada media massa yang membuatnya hidup hanya hitungan jari.

"Media massa yang hanya bergantung pada rilis tidak bisa hidup ke depannya," kata Hilman Hidayat, Senin, 27 Juni 2022 saat Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Capacity Building Jurnalistik Kabupaten Cirebon di Hotel Montana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Menurutnya, bermodal keaslian sebuah berita atau konten, media massa tidak lagi menjadi budak mesin pencari Google.

Keaslian konten atau berita, lanjutnya, justru akan membuat Google membaca kredibilitas sebuah media massa.

"Media massa yang bisa eksis adalah yang membuat konten orisinil secara konsisten, dengan melakukan check and recheck ke lapangan," ungkapnya.

Selain itu, sambung Hilman Hidayat, Google sejatinya membutuhkan media massa dengan nilai komersial yang bagus, nama baik, dan memiliki kredibilitas.

"Jangan sampai disebut pelacur konten, yang mengabaikan etika jurnalistik hanya untuk mengejar pageview," tegasnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ucapan Tahun Baru Islam Menyentuh Hati

Rabu, 27 Juli 2022 | 20:37 WIB