Profil Rasuna Said, Pejuang Emansipasi Wanita yang jadi Google Doodle dan Ulang Tahun ke-112

- Rabu, 14 September 2022 | 08:19 WIB
rasuna said
rasuna said

AYOCIREBON.COM - Rasuna Said menjadi ikon Google Doodle hari ini, Rabu, 13 September 2022 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-112.

Disitat dari Suara.com, profil Rasuna Said yang lahir pada 14 September 1910 ini dikenang sebagai "Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia."

Sosok Rasuna Said mempengaruhi isu-isu sosial, terutama hak-hak perempuan, guru, dan jurnalis. Rasuna Said juga diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia serta perempuan kesembilan yang menerima kehormatan.

Pada hari ini tepatnya tanggal 14 September, mesin pencarian Google memunculkan gambar seorang wanita berhijab menggunakan kacamata yang diketahui sebagai Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau biasa dikenal dengan HR. Rasuna Said sang Pahlawan Revolusi Kemerdekaan.

Baca Juga: Sosok Hacker Bjorka Sesungguhnya Terkuak, Instagram VOLT ANONYM Beberkan Data Said Fikriansyah

Sama seperti RA Kartini, Rasuna Said adalah tokoh perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita dan hak-hak persamaan antara pria dan wanita.

Karena jasanya yang begitu besar, maka Google Indonesia hari ini mendedikasikannya lewat Doodle yang bisa dilihat pada halaman mesin pencari tersebut. Hari ini adalah tepat hari kelahiran Hajjah Rangkayo Rasuna Said.

Untuk lebih mengetahui profil beliau mari kita simak rangkuman seperti yang dilansir dari laman Wikipedia berikut ini.


Kehidupan Pribadi dan Profesi

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini