Apakah Makan Malam Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

- Jumat, 23 September 2022 | 14:57 WIB
Apakah Ilustrasi Makan Malam. Apakah Bikin Gemuk? Ini Faktanya!
Apakah Ilustrasi Makan Malam. Apakah Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

AYOCIREBON.COM – Makan di malam hari sering kali ditakutkan oleh sebagian orang khususnya wanita. Hal ini karena banyaknya pernyataan bahwa jika makan pada malam hari akan menyebabkan kegemukan.

Namun, makan malam sebenarnya salah satu hal yang sangat sulit untuk dihindari. Apalagi ketika tidur larut malam membuat ingin makan dan selalu merasa lapar.

Tetapi apakah benar makan pada malam hari dapat menyebabkan kegemukan?

Menurut U.S. Department of Agriculture’s Weight Control yang dilansir dari gooddoctor.co.id, kalori akan tetap menjadi kalori, tidak peduli kapan kamu makan.

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi Dibaca Hari Jumat, Salah Satunya Terlindung Dari Fitnah Dajjal

Hal ini menyebutkan bahwa makan malam bukan salah satu penyebab kegemukan, karena faktor yang menyebabkan kegemukan adalah seberapa banyak tubuh kita menerima kalori dari makanan yang kita konsumsi.

Jika kalori yang kita makan ketika malam hari masih dibatas wajar dan masih memenuhi kalori harian untuk tubuh kita maka gemuk karena makan di malam hari itu tidak akan terjadi.

Dalam hal ini juga dilansir melalui situs Health dalam  halodoc.com, dijelaskan bahwa tubuh akan membakar lemak ketika seseorang tidur. Sehingga saat seseorang makan di malam hari, glikogen atau cadangan glukosa dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan dilepaskan kembali ke aliran darah guna menjaga kadar gula darah tetap stabil saat tidur.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini