7 Tanda Halus Seseorang Berbohong pada Anda, Perhatikan dan Anda Akan Melihatnya dengan Jelas

- Selasa, 29 November 2022 | 00:02 WIB
7 tanda halus seseorang berbohong kepada Anda. (Unsplash / Toa Heftiba)
7 tanda halus seseorang berbohong kepada Anda. (Unsplash / Toa Heftiba)

AYOCIREBON.COM - Penulis Yudhijit Bhattacharjee melaporkan bahwa kebanyakan dari kita mahir berbohong, dan banyak dari kita dapat dengan mudah membuat kebohongan kecil dan besar.

Dia menulis bahwa berbohong dianggap sebagai tonggak perkembangan, seperti berjalan atau berbicara, dan bahwa anak-anak menjadi lebih baik dalam berbohong seiring bertambahnya usia.

Ada banyak alasan orang berbohong misalkan untuk membesar-besarkan citra mereka, untuk menutupi perilaku buruk, untuk mendapatkan keuntungan secara finansial, untuk menghibur orang, untuk menyakiti atau membantu orang lain, untuk menjadi benar secara sosial, atau untuk menghindari hukuman atau celaan.

Dalam beberapa kasus, berbohong menjadi patologis. Menurut sebuah studi tahun 2010 oleh Serota, Levine, dan Boster, pembohong yang produktif kemungkinan besar adalah mereka yang memiliki sikap jujur.

Salah satu studi kuantitatif pertama tentang kebohongan dilakukan oleh  psikolog sosial Bella DePaulo.

Dia mempelajari 147 orang berusia antara 18 dan 71 tahun yang membuat catatan harian tentang semua kebohongan yang mereka ceritakan selama seminggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berbohong melakukannya rata-rata satu atau dua kali sehari, dan sebagian besar kebohongan disuruh menyembunyikan kekurangan atau melindungi perasaan orang lain.

Studinya menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering berbohong lebih manipulatif dan tidak bertanggung jawab daripada yang lain.

Dia juga percaya bahwa kebohongan sehari-hari benar-benar merupakan bagian dari jalinan kehidupan sosial.

Halaman:

Editor: Rohmana Kurniandari

Tags

Terkini