Uganda Temukan 31 Juta Ton Emas!

- Selasa, 14 Juni 2022 | 20:59 WIB
Ilustrasi Emas (Flickr/Jeremy Schultz)
Ilustrasi Emas (Flickr/Jeremy Schultz)

AYOCIREBON.COM - Baru-baru ini, Uganda mengungkap temuan 31 juta ton bijih emas. Temuan tersebut terjadi setelah dilakukan survei eksplorasi.

Dilansir dari Reuters, survei eksplorasi baru-baru ini di Uganda menunjukkan negara tersebut memiliki deposit bijih emas sekitar 31 juta ton.

Baca Juga: Salah Server, Ibu ini Ucapkan Selamat Idul Fitri kepada Ridwan Kamil saat Takziah Eril!

Dengan temuan ini, Uganda ingin menarik investor besar untuk mengembangkan sektor pertambangan emas yang sampai sekarang didominasi penambang liar kecil.

juru bicara Kementerian Energi dan Pengembangan Mineral Uganda Solomon Muyita, mengatakan kepada Reuters bahwa selama 2 tahun terakhir, eksplorasi udara dilakukan di seluruh negeri diikuti oleh survei dan analisis geofisika dan geokimia.

Solomon Muyita mengatakan sekitar 320.158 ton emas olahan dapat diekstraksi dari 31 juta ton bijih.

Sebagian besar deposit ditemukan di Karamoja, daerah luas yang kering di sudut timur laut Uganda di perbatasan dengan Kenya. Cadangan besar juga ditemukan di wilayah timur, tengah dan barat negara Afrika Timur tersebut.

Solomon Muyita mengatakan Wagagai, sebuah perusahaan China, telah mendirikan tambang di Busia, Uganda timur dan diharapkan mulai berproduksi tahun ini.

Baca Juga: Kapan Kartu Prakerja Gelombang 33 Dibuka? Cek Prediksinya

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Lanka Bangkrut, Babak Belur Dihajar Utang

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:35 WIB