CACAR MONYET PERTAMA ASIA TENGGARA MUNCUL DI SINGAPURA

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:00 WIB
Cacar monyet (WHO)
Cacar monyet (WHO)

AYOCIREBON.COM - Kementerian Kesehatan Singapura mengonfirmasi kasus cacar monyet pada Selasa malam, 21 Juni 2022. Ini adalah kasus pertama yang dilaporkan di Asia Tenggara pada saat wabah virus tahun ini.

Dikutip dari Republika, pasien yang dinyatakan positif pada 20 Juni 2022 adalah pria Inggris berusia 42 tahun yang bekerja sebagai pramugari. Dia masuk dan keluar Singapura pada pertengahan Juni 2022. Kondisinya saat ini stabil di Singapore National Centre for Infectious Diseases Ward.

Dilansir CNBC, teridentifikasi 13 orang yang melakukan kontak dekat dengan pria pada Rabu, 22 Juni 2022. Dan semuanya dikarantina selama 21 hari sejak kontak terakhir dengannya.

Pelacakan kontak sedang berlangsung untuk penerbangan yang terkena dampak dan selama pria itu tinggal di Singapura. Kasus terakhir cacar monyet yang tercatat di negara-negara Asia Tenggara adalah tiga tahun lalu.

Belum lama ini Australia, yang melaporkan kasus pertama pada 20 Mei 2022, telah mengkonfirmasi 8 kasus pada 10 Juni 2022. Wabah penyakit virus ini telah dilaporkan di lebih dari 35 negara di mana cacar monyet tidak endemik, dan saat ini ada lebih dari 2.500 kasus yang dikonfirmasi.

Selain itu, pada Rabu, 22 Juni 2022, British Airways mengeluarkan pernyataan bahwa negara tersebut bekerja sama dengan otoritas kesehatan Singapura setelah mengonfirmasi kasus cacar monyet.

British Airways menanggapi pertanyaan dari CNA mengenai liputan media Inggris. Menurut laporan itu, semua anggota awak maskapai dikarantina setelah dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut. The

Daily Mail melaporkan bahwa dua pilot dan sembilan pramugari semuanya dikarantina selama 21 hari. Para kru berada di pesawat dari London ke Sydney melalui Singapura.

 

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Lanka Bangkrut, Babak Belur Dihajar Utang

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:35 WIB