Waspada Wabah Cacar Monyet, WHO Resmi Nyatakan Darurat Kesehatan Global

- Selasa, 26 Juli 2022 | 06:13 WIB
Ilustrasi wabah cacar monyet (Pixabay)
Ilustrasi wabah cacar monyet (Pixabay)

AYOCIREBON.COM - Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) resmi menyatakan Wabah Cacar Monyet atau Monkeypox Virus sebagai darurat kesehatan global.

Darurat kesehatan global akibat dari Wabah Cacar Monyet ini diumumkan oleh Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, di Swiss pada Sabtu, 23 Juli 2022.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah global #monkeypox mewakili darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian Intenasional," ungkap Tedros dikutip dari akun Twitter @disclosetv.

Baca Juga: Cegah Stunting, Pemkab Majalengka Gencar Beri Tablet Tambah Darah

Cacar Monyet atau Monkeypox merupakan penyakit akibat virus yang di tularkan dari hewan (zoonosis). Penyakit ini telah ditemukan pertama kali pada tahun 1970-an di Afrika.

Wabah Cacar Monyet menjadi virus yang mudah menyebar seperti Covid-19

Penyebaran virus Cacar Monyet yang sangat cepat dalam beberapa pekan terakhir menjadi ancaman dan perlu perhatian khusus dari masyarakat global terhadap penyakit ini.

Pernyataan ini dibuktikan dengan maraknya kasus di luar Afrika dan sebanyak 75 negara lainnya mengonfirmasi kasus tersebut sehingga memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.

Baca Juga: Daftar Persyaratan PPPK dan CPNS 2022 Upload Scan Dokumen JPG dan PDF Beserta Ukuran di SSCASN

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini