Kadar Vitamin B3 yang Tinggi Diduga Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

- Sabtu, 19 November 2022 | 19:57 WIB
Ilustrasi vitamin B3 yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker payudara jika terlalu berlebihan (unsplash / Amanda Jones)
Ilustrasi vitamin B3 yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker payudara jika terlalu berlebihan (unsplash / Amanda Jones)

AYOCIREBON.COM -- Banyak dari kita mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang akhir-akhir ini kembali meningkat.

Di antara vitamin dan multivitamin ini kemungkinan terdapat serangkaian senyawa yang dirancang untuk membantu tubuh kita dalam beberapa cara. Namun, sebuah studi baru menunjukkan satu jenis umum dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biosensors and Bioelectronics menemukan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak nicotinamide riboside (NR), yang juga dikenal sebagai vitamin B3, dapat merusak kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Khawatir Obat dan Kosmetik yang Dipakai Tidak Aman? Cek Informasinya di BPOM

Sementara vitamin dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular, studi baru menunjukkan vitamin B3 bisa memiliki konsekuensi yang lebih serius.

Tim yang dipimpin oleh Profesor Elena Goun menemukan bahwa tingkat NR yang tinggi tidak hanya meningkatkan risiko kanker payudara, tetapi juga meningkatkan risiko penyebarannya ke bagian tubuh yang lain.

“Beberapa orang meminum vitamin dan suplemen karena mereka otomatis menganggap bahwa vitamin dan suplemen memiliki manfaat kesehatan yang positif, tetapi sangat sedikit yang diketahui tentang cara kerjanya yang sebenarnya. Karena kurangnya pengetahuan ini, kami terinspirasi untuk mempelajari pertanyaan dasar seputar bagaimana vitamin dan suplemen bekerja di dalam tubuh,” ujar Profesor Goun seperti dikutip dari 247newsaroundtheworld.com.

 Baca Juga: 4 Cara Terbaik Menghilangkan Jamur di Kamar Mandi Anda

Goun mengatakan pekerjaan mereka sangat penting mengingat ketersediaan komersial yang luas dan sejumlah besar uji klinis manusia yang sedang berlangsung di mana NR digunakan untuk mengurangi efek samping terapi kanker pada pasien.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Bandang di Selandia Baru Telan Korban Jiwa

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:30 WIB

Ana de Armas Cetak Rekor di Piala Oscar 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:34 WIB