Hati-Hati! Ditemukan Bahan Kimia Berbahaya di Produk Tekstil Anak dan Kemasan Makanan Peliharaan

- Sabtu, 19 November 2022 | 20:46 WIB
Ilustrasi dua anak laki-laki sedang bermain plastisin (pixabay / Victoria Watercolor)
Ilustrasi dua anak laki-laki sedang bermain plastisin (pixabay / Victoria Watercolor)

AYOCIREBON.COM -- Sebuah investigasi baru menemukan bahwa Forever Chemicals yang terkait dengan kanker mencemari berbagai macam kemasan makanan hewan dan juga produk tekstil yang dibuat untuk bayi dan balita.

Per and polyfluoroalkyl substances (PFAS) adalah bahan yang umum digunakan dalam pelapis produk anak-anak dan hewan peliharaan yang dapat luntur menjadi debu seiring waktu.

Hal ini disampaikan oleh Environmental Working Group (Kelompok Kerja Lingkungan) yang merupakan sebuah organisasi advokasi berbasis di Washington, DC.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Agar Tanaman Anggrek Berbunga dengan Indahnya

Melansir 247newsaroundtheworld.com, meskipun lapisan ini tidak langsung tertelan, paparan debu dapat menimbulkan masalah bagi orang yang menghabiskan banyak waktu di lantai, jelas para peneliti dari kelompok tersebut.

Oleh karena itu, mereka melakukan serangkaian tes laboratorium independen untuk menentukan seberapa luas masalah ini.

"Hampir tidak mungkin untuk menghindari PFAS, karena seperti yang dikonfirmasi oleh tes ini, mereka lazim dalam semua aspek kehidupan kita sehari-hari," kata pemimpin proyek Sydney Evans, seorang analis sains di Kelompok Kerja Lingkungan.

Terkenal karena keberadaannya dalam pembuangan industri dan busa pemadam kebakaran, PFAS ditemukan di berbagai produk rumah tangga, termasuk kemasan makanan, panci anti lengket, dan kain tahan noda.

Baca Juga: Kadar Vitamin B3 yang Tinggi Diduga Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Para ilmuwan telah mengaitkan paparan PFAS dengan banyak penyakit, termasuk penyakit tiroid, kanker testis, dan kanker ginjal.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini