Inggris, Perancis, dan Jerman Kutuk Rencana Iran Perluas Program Nuklir

- Rabu, 23 November 2022 | 16:32 WIB
Ilustrasi bangunan pembangkit listrik tenaga nuklir. (Pixabay/distelAPPArath)
Ilustrasi bangunan pembangkit listrik tenaga nuklir. (Pixabay/distelAPPArath)

AYOCIREBON.COM – Inggris, Prancis, dan Jerman mengutuk rencana Iran memperluas program nuklirnya, Selasa, 22 November 2022, setelah badan pengawas nuklir PBB mengatakan Iran memperkaya uranium hingga kemurnian 60% di Pembangkit Nuklir Fordow dan merencanakan lebih memperluas pengayaan di dua pabrik.

The International Atomic Energy Agency (IAEA) membenarkan laporan Iran tentang langkah Teheran, yang diambil sebagai pembalasan atas kritik badan tersebut terhadap Iran dalam resolusi dewan gubernur pekan lalu.

Langkah terakhir ini sebagai pembalasan atas resolusi minggu lalu oleh Dewan Gubernur IAEA yang beranggotakan 35 negara yang memerintahkan Iran untuk bekerjasama dengan badan penyelidikan tersebut selama bertahun-tahun mengenai asal partikel uranium yang ditemukan di tiga situs yang tidak diumumkan.

Baca Juga: PT KAI Daop 3 Cirebon Siapkan KA Tambahan guna Angkut Penumpang Nataru 2022 - 2023, Cek Jadwalnya !

Resolusi IAEA yang kedua tahun ini menargetkan Iran atas penyelidikan, yang telah menjadi hambatan dalam pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan 2015 karena Iran menuntut diakhirinya penyelidikan.

Pembicaraan tidak langsung AS - Iran untuk mengadakan kembali kesepakatan telah terhenti sejak September.

Tindakan keras Iran terhadap protes anti pemerintah setelah kematian seorang wanita muda bernama Mahsa Amini dalam tahanan dan penjualan drone ke Rusia telah mengalihkan fokus Washington dari mengadakan kembali kesepakatan nuklir.

"Langkah Iran merupakan tantangan terhadap sistem non proliferasi global. Langkah ini, membawa risiko yang signifikan terkait proliferasi, dan tindakan tersebut tidak memiliki pembenaran sipil yang kredibel " kata ketiga negara dalam pernyataan bersama yang diberikan oleh pemerintah Inggris.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah 2023 Serta Kalender Islam 1444 Hijriyah-1445 Hijriyah

Halaman:

Editor: Erika Lia Lestari

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amerika Serikat Cabut Darurat Cacar Monyet Alias Mpox

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:04 WIB