China Diguncang Unjuk Rasa Pekerja Pabrik Besar iPhone Foxconn

- Rabu, 23 November 2022 | 17:22 WIB
China Diguncang Unjuk Rasa Pekerja Pabrik Besar iPhone Foxconn
China Diguncang Unjuk Rasa Pekerja Pabrik Besar iPhone Foxconn

 

AYOCIREBON.COM – Di lansir dari Reuters.com, ratusan pekerja bergabung dalam protes di pabrik iPhone andalan Foxconn (2317.TW) di China, rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan beberapa pria menghancurkan kamera pengintai dan jendela.

Pemicu protes yang dimulai pada Rabu pagi, tampaknya merupakan rencana untuk menunda pembayaran bonus menurut sebagian besar pengunjuk rasa di siaran langsung. Video tersebut tidak dapat segera diverifikasi oleh jurnalis dari Reuters.

"Beri gaji kami!", teriak para pekerja yang dikelilingi oleh orang-orang dengan pakaian hazmat lengkap, beberapa membawa pentungan, menurut cuplikan dari satu video.

Rekaman lain menunjukkan gas air mata dikerahkan dan pekerja merobohkan penghalang karantina.

 Baca Juga: Inggris, Perancis, dan Jerman Kutuk Rencana Iran Perluas Program Nuklir

Ketidakpuasan atas aturan karantina yang ketat, ketidakmampuan perusahaan untuk membasmi wabah dan kondisi buruk termasuk kekurangan makanan telah menyebabkan pekerja meninggalkan pos karantina pabrik sejak pemasok Apple Inc (AAPL.O) memberlakukan apa yang disebut sistem loop tertutup di pabrik terbesar di dunia itu. Pabrik iPhone pada akhir Oktober.

Di bawah operasi loop tertutup, staf tinggal dan bekerja di lokasi yang terisolasi dari dunia luar.

Mantan pekerja memperkirakan ribuan orang melarikan diri dari pos karantina pabrik. Sebelum kerusuhan, pabrik Zhengzhou mempekerjakan sekitar 200.000 orang.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amerika Serikat Cabut Darurat Cacar Monyet Alias Mpox

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:04 WIB