Turki Berencana Meluncurkan Operasi Darat Terhadap Milisi Kurdi di Suriah

- Kamis, 24 November 2022 | 18:16 WIB
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di KTT G20 Indonesia. (Instagram/rterdogan )
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di KTT G20 Indonesia. (Instagram/rterdogan )

AYOCIREBON.COM -- Presiden Tayyip Erdogan mengatakan bahwa operasi udara Turki terhadap milisi Kurdi di Suriah Utara hanyalah permulaan dan akan meluncurkan operasi darat jika memungkinkan setelah eskalasi serangan balasan.

Dia mengatakan Turki lebih bertekad untuk mengamankan perbatasan selatannya dengan "koridor keamanan", sambil memastikan integritas teritorial Suriah dan Irak, di mana Turki juga telah melakukan operasi melawan militan Kurdi.

"Kami melanjutkan operasi udara dan akan menyerang teroris dari darat pada waktu yang paling nyaman bagi kami," kata Erdogan kepada anggota parlemen Partai AK dalam pidato di parlemen seperti dikutip dari Reuters, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga: Klarifikasi Apple Terkait Demo Buruh Pabrik Perakitan iPhone Terbesar di China

"Kami telah membentuk bagian dari koridor ini (dan) akan mengurusnya mulai dari tempat-tempat seperti Tel Rifat, Manbij dan Ain al-Arab (Kobani), yang menjadi sumber masalah," tambahnya.

Turki dan proksi pemberontak Suriahnya menguasai daerah perbatasan di sebelah barat dan timur wilayah Kobani dalam serangan militer sebelumnya.

Rusia telah meminta Turki menahan diri dari serangan darat skala penuh di Suriah, negosiator senior Rusia Alexander Lavrentyev mengatakan pada hari Rabu setelah putaran pembicaraan baru tentang Suriah dengan delegasi Turki dan Iran di Kazakhstan.

Sementara itu, Amerika Serikat telah menyampaikan keprihatinan serius kepada Turki, sekutu NATO, tentang dampak eskalasi terhadap tujuan memerangi militan ISIS di Suriah.

Baca Juga: Manfaat Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Diklaim Bisa Tambah Penerimaan Negara Rp 6,7 Triliun

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini