Krisis Hak Asasi Manusia dalam Unjuk Rasa di Iran, Ini Tanggapan Kepala HAM PBB

- Kamis, 24 November 2022 | 21:09 WIB
Volker Turk Kepala Hak Asasi Manusia PBB ( Instagram @ootimista )
Volker Turk Kepala Hak Asasi Manusia PBB ( Instagram @ootimista )

AYOCIREBON.COM – Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk, membuat seruan kepada otoritas Iran menghentikan penggunaan kekuatan yang "tidak perlu dan tidak proporsional" terhadap pengunjuk rasa di Iran.

Hal tersebut disampaikan dalam pidatonya kepada Dewan Hak Asasi Manusia tentang krisis yang sedang berlangsung, Kamis 24 November 2022.

Dikutip dari Reuters, badan itu memperdebatkan mosi yang diajukan oleh sekitar 50 negara yang dipimpin oleh Jerman dan Islandia untuk menciptakan misi pencarian fakta investigasi baru.

Baca Juga: Turki Berencana Meluncurkan Operasi Darat Terhadap Milisi Kurdi di Suriah

Tujuannya untuk menyelidiki dugaan pelanggaran sejak gelombang protes dimulai atas kematian dalam tahanan Kurdi yaitu wanita berusia 22 tahun bernama Mahsa Amini pada 16 September.

Pertemuan tersebut dipandang sebagai ujian utama pengaruh Barat di dalam dewan menyusul upaya yang digagalkan untuk menciptakan pengawasan yang lebih besar terhadap catatan hak asasi manusia China bulan lalu.

"Kita sekarang berada dalam krisis hak asasi manusia," kata Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Volker Turk dalam pidato pertamanya di dewan sejak bulan lalu.

"Penggunaan kekuatan yang tidak perlu dan tidak proporsional harus diakhiri," katanya.

Baca Juga: Klarifikasi Apple Terkait Demo Buruh Pabrik Perakitan iPhone Terbesar di China

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini