Amerika Serikat Cabut Darurat Cacar Monyet Alias Mpox

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:04 WIB
 ilustrasi dari virus cacar monyet  (Pixabay/geralt)
ilustrasi dari virus cacar monyet (Pixabay/geralt)

AYOCIREBON.COM -- Departemen kesehatan AS mengatakan Mpox atau cacar monyet diperkirakan tidak lagi dianggap sebagai darurat kesehatan masyarakat di Amerika Serikat mulai 1 Februari 2023.

Langkah tersebut menandakan bahwa krisis yang menyebabkan pasien yang diderita kebanyakan laki-laki terutama laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, telah terkendali dan tidak lagi memerlukan status darurat yang dimaksudkan alat bantu untuk melawan penyakit tersebut.

"Mengingat rendahnya jumlah kasus hari ini, HHS perlu memperbarui deklarasi darurat yang berakhir pada 31 Januari 2023," kata Menteri Kesehatan AS Xavier Becerra dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat dikutip dari Reuters, Sabtu 3 Desember 2022.

Baca Juga: Kota Shenzhen Beijing Longgarkan Pembatasan Covid-19, Pemerintah China Ambil Langkah Cepat Atasi Pandemi

Pemerintahan Presiden Joe Biden menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat pada Agustus setelah negara itu mencatat lebih dari 6.000 kasus.

Menurut data pemerintah lebih dari 29.000 kasus telah dilaporkan di Amerika Serikat dalam wabah tahun ini termasuk dua kematian.

Kasus telah menurun sejak pertengahan Agustus di negara itu, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bulan lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini menamai virus mpox untuk menggantikan istilah lama cacar monyet, mengutip kekhawatiran akan stigma dan rasisme yang terkait dengannya.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Diduga akan Lebih Mematikan Bila Semua Negara Menurunkan Kewaspadaannya

Label WHO "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)" dirancang untuk memicu tanggapan internasional yang terkoordinasi dan dapat membuka pendanaan untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Bandang di Selandia Baru Telan Korban Jiwa

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:30 WIB

Ana de Armas Cetak Rekor di Piala Oscar 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:34 WIB