Square Kilometre Array, Proyek Menemukan Kehidupan di Luar Bumi Mulai Digarap

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:19 WIB
Square Kilometre Array, Proyek Menemukan Kehidupan di Luar Bumi Mulai Digarap  (sumber:Australia Telescop National Facility)
Square Kilometre Array, Proyek Menemukan Kehidupan di Luar Bumi Mulai Digarap (sumber:Australia Telescop National Facility)

AYOCIREBON.COM-- Kontruksi Square Kilometre Array akhirnya telah digarap. Digadang-gadang menjadi obsevatorium radio astronomi terbesar yang diperkirakan rampung tahun 2027.

Versi terakhir dari SKA ini akan menggunakan seribu piringan hingga satu juta antenna berfrekuensi rendah untuk mendukung proyek manusia mempelajari galaksi dan kemungkinan kehidupan di luar sana.

SKA menjadi alat berharga bagi Search for Extraterrestial Intelegence disingkat SETI. Organisasi nirlaba ini berfokus pada penelitian astronomi mengenai kehidupan diluar bumi, melansir SETI Institute.

SETI awalnya proyek kecil dari NASA yang hanya memiliki dua karyawan yaitu Tom Pierson dan Jill Tarter, dan kini telah memiliki 100 ilmuwan, pendidik, administrasi, dan penjangkauan. Ada beberapa pusat di SETI, salah satunya pusat Carl Sagan.

Baca Juga: Biodata dan Profil Alfredo Fernando Indonesian Idol 2023 yang Diselamatkan BCL

Pusat ini merupakan tempat bagi 100 ilmuwan dari berbagai cabang ilmu yang relevan dalam pencarian kehidupan dan sebagai proyek utama dari SETI.

Dilansir Department of Physics Oxford, SKA diharapkan mampu menjangkau seluruh rentang frekuensi radio, dari 50 mhz hingga 25 ghz dengan sensivitas dan jangkauan langit yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Alat ini mungkin akan merubah cara kita melihat alam semesta dalam bidang ilmu. SKA nantinya akan mencari dan mengamati lebih dalam tentang bagaiman struktur galaksi pertama di alam semesta.

Baca Juga: Penampilan Memukau Doja Cat di Paris Fashion Week, Tempel 30 Ribu Berlian Swarovski di Tubuhnya

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Bandang di Selandia Baru Telan Korban Jiwa

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:30 WIB

Ana de Armas Cetak Rekor di Piala Oscar 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:34 WIB