Negara Ini Kekurangan Mayat untuk Praktek, Kualitas Calon Dokter Bisa Turun

- Rabu, 25 Januari 2023 | 18:20 WIB
Ilustrasi mayat. Kekurangan Mayat Untuk Praktek: Mahasiswa Kedokteran Kenya Minim Pengalaman
Ilustrasi mayat. Kekurangan Mayat Untuk Praktek: Mahasiswa Kedokteran Kenya Minim Pengalaman

 

 

AYOCIREBON.COM—Universitas Nairobi, sekolah kedokteran di Kenya mengalami kekurangan tubuh untuk digunakan dalam pelatihan medis anatomi. Kekurangan jam untuk praktek meningkatkan kekhawatiran kualitas universitas di Kenya menurun.

Dilansir theguardian.com, hanya mahasiswa pascasarjana dan bagi mereka yang berspesialisasi yang dapat melakukan diseksi anatomi karena universitas tertua tersebut krisis akan tubuh untuk dipergunakan dalam pelatihan medis.

Hingga saat ini, mahasiswa kedokteran menghabiskan 250 jam untuk diseksi di tahun pertama, tetapi Sebagian lainnya praktek melalui bekas tubuh yang telah digunakan sebelumnya, bahkan 12 mahasiswa harus menggunakan 1 mayar untuk anatomi.

Dosen Universitas Nairobi, Musa Misiani mengatakan pengalaman para sarjana terhadap pembedahan berkurang drastis, semakin meningkatkan kekhawatiran terhadap masa depan mahasiswanya.

Baca Juga: Terjadi Pemadaman Listrik Besar-besaran saat Musim Dingin, Jutaan Warga Pakistan Alami Kedinginan

Banyaknya universitas di Kenya—berjumlah 12—dan semakin bertambahnya jumlah pendaftar membuat permintaan jumlah mayat yang diperlukan semakin meningkat. Semua bergantung pada kamar mayat yang dapat menyerahkan tubuh tanpa ada klaim selama 21 hari dan setelah berupaya menghubungi keluarga.

Universitas Nairobi sebenarnya memiliki program donasi tubuh, tetapi mereka hanya mendapatkan dua hingga tiga jenazah saja pertahun dalam kurun waktu lima tahun. Terlebih lagi program ini kurang mendapatkan kesadaran dari mahasiswa kedokterannya sendiri.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Bandang di Selandia Baru Telan Korban Jiwa

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:30 WIB

Ana de Armas Cetak Rekor di Piala Oscar 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:34 WIB