Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Pertalian Iman, Takwa, dan Puasa

- Selasa, 12 April 2022 | 14:51 WIB
Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Pertalian Iman, Takwa, dan Puasa (Pexels/Tima Miroshnichenko)
Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Pertalian Iman, Takwa, dan Puasa (Pexels/Tima Miroshnichenko)

AYOCIREBON.COM -- Materi khutbah Jumat singkat, padat, dan jelas kali ini mengangkat tema seputar iman, takwa, dan puasa.

Salah satu rukun pelaksanaan Sholat Jumat yaitu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan sebelum sholat.

Perlu diketahui, khutbah Jumat memiliki dua bagian yakni khutbah pertama dan khutbah kedua yang dipisah dengan duduk.

Berikut ini materi khutbah Jumat singkat, padat, dan jelas bertajuk "Pertalian Iman, Takwa, dan Puasa" mengutip dari laman NU Online.

Baca Juga: Materi Kultum Subuh Ramadhan Singkat Padat: 7 Faedah Puasa Ramadhan

Khutbah I
اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا، وَقِيَامَ لَيَالِيْهِ تَطَوُّعًا، وَصِيَامَ نَهَارِهِ وَاجِبًا، وَثَوَابَ الْعَمَلِ فِيْهِ مُضَاعَفًا. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ سَيِّدُ وَلَدِ عَدْنَان. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَصَحْبِهِ ذَوِيْ الْمَجْدِ وَالْعِرْفَان. أَمَّا بَعْدُ فَـيَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,
Menjadi keharusan bagi kita selaku umat Islam untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah subhanahu wata’ala yang telah memberi anugerah kenikmatan khususnya umur panjang sehingga kita pada tahun ini masih bisa bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan.

Mari maksimalkan kesempatan ini untuk menggapai berkah dan ridha Allah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Terlebih pada bulan Ramadhan, status keimanan dan ketakwaan menandai perintah Allah terkait dengan ibadah puasa yang termaktub dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 183:

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini