Doa Nuzulul Quran dan Meminta Ampun untuk Diri Sendiri, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah

- Selasa, 19 April 2022 | 18:04 WIB
Doa Nuzulul Quran dan Meminta Ampun untuk Diri Sendiri, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah (pixabay/mohamed_hassan)
Doa Nuzulul Quran dan Meminta Ampun untuk Diri Sendiri, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah (pixabay/mohamed_hassan)

AYOCIREBON.COM -- Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa istimewa yang terjadi tepat pada hari ke-17 Ramadhan dalam sejarah umat Islam.

Peringatan Nuzulul Quran ini yaitu untuk mengingat peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu berupa Al Quran surat Al Alaq ayat 1 sampai 5.

Melansir NU Online, peristiwa Nuzulul Quran diceritakan oleh Syekh M Ali As-Shabuni yaitu Rasulullah SAW sedang beruzlah di gua Hira (sekira 5 kilometer dari Makkah), tiba-tiba Jibril datang membawa wahyu.

Jibril memeluk dan melepaskan Rasulullah SAW. Hal ini diulanginya sebanyak 3 kali. Setiap kali memeluk, Jibril mengatakan, “Iqra’!” artinya “Bacalah.” “Aku tidak mengenal bacaan,” jawab Rasulullah.

Baca Juga: Jadwal Sholat Cirebon dan sekitarnya 20 April 2022, Berikut Doa dan Dzikir setelah Salat

Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alldzi allama bil qalam. Allamal bil qalam. Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril pada kali ketiga membaca Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Ini merupakan awal mula turun wahyu, awal mula turun Al-Qur’an. Sebelum peristiwa agung ini terjadi, beberapa petunjuk mengisyaratkan semakin dekatnya turun wahyu dan kenabian Rasulullah SAW.

Sebagian tanda itu adalah mimpi Rasulullah yang disusul dengan peristiwa nyata sesuai dengan mimpinya. Tanda lainnya adalah kesenangan uzlah (menyepi) Rasulullah SAW menjelang turunnya wahyu.

Di malam Nuzulul Quran, umat Muslim dianjurkan untuk umat Muslim dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan Alquran, itikaf di masjid, mengerjakan sholat malam, dan membaca doa.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini