Teks Ceramah Kultum dan Kuliah Subuh Tentang Hakikat Ibadah Puasa

- Selasa, 19 April 2022 | 22:00 WIB
Teks Ceramah Kultum dan Kuliah Subuh Tentang Hakikat Ibada Puasa (Pexels/ Monstera)
Teks Ceramah Kultum dan Kuliah Subuh Tentang Hakikat Ibada Puasa (Pexels/ Monstera)

AYOCIREBON.COM -- Simak teks ceramah Ramadhan tentang hakikat ibadah puasa untuk kultum singkat Ramadhan yang akan dijabarkan melalui tulisan di bawah.

Materi khutbah Ramadhan biasanya dibawakan oleh ustadz dalam kegiatan pengajian atau ceramah untuk mengisi waktu luang selama bulan puasa.

Teks ceramah Ramadhan ini dapat juga dijadikan materi kultum dan kuliah subuh yang mengangkat tema mengenai hakikat ibadah puasa.

Acara Kultum Ramadhan biasanya dilaksanakan setelah melakukan sholat Tarawih, sedangkan kuliah subuh digelar setelah sholat Subuh sepanjang bulan puasa.

Baca Juga: Teks Ceramah Kultum dan Kuliah Subuh Tentang Keutamaan Sedekah Ramadhan

Materi kultum atau kependekan dari kuliah tujuh menit serta teks ceramah kuliah subuh biasanya banyak dicari ketika memasuki bulan Ramadhan, terutama oleh para peserta didik yang harus mengisi buku Ramadhan.

Berikut ini teks ceramah Kultum Ramadhan dan kuliah subuh tentang hakikat ibadah puasa dilansir dari NU Online.

Imam Al-Ghazali menjelaskan keistimewaan ibadah puasa. Imam Al-Ghazali dalam karyanya yang terkenal Ihya Ulumiddin menjelaskan hakikat puasa. Imam Al-Ghazali menyebut secara singkat dan tepat perihal hakikat puasa sebagaimana berikut:

أن الصوم كف وترك وهو في نفسه سر ليس فيه عمل يشاهد وجميع أعمال'' الطاعات بمشهد من الخلق ومرأى والصوم لا يراه إلا الله عز و جل فإنه عمل في الباطن بالصبر المجرد

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini