Teks Ceramah Materi Khutbah Jumat Singkat Tentang Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim dan Orang Majusi

- Selasa, 17 Mei 2022 | 17:24 WIB
Teks Ceramah Materi Khutbah Jumat Singkat Tentang Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim dan Orang Majusi (pixabay/enjoytheworld)
Teks Ceramah Materi Khutbah Jumat Singkat Tentang Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim dan Orang Majusi (pixabay/enjoytheworld)

AYOCIREBON.COM -- Simak teks ceramah untuk dijadikan materi khutbah Jumat singkat, padat, dan jelas selengkapnya akan diulas melalui tulisan di bawah.

Panyampaian materi khutbah Jumat dilakukan sebelum melaksanakan sholat Jumat. Hal ini sesuai dengan rukun pelaksanaan sholat Jumat yang didahului dengan dua khutbah.

Adapun teks ceramah khutbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang belajar dari kisah Nabi Ibrahim dan orang Majusi melansir dari laman NU Online.

Khutbah Jumat disampaikan oleh Khatib memiliki dua bagian, yakni khutbah pertama dan kedua yang dipisahkan dengan duduk.

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Jadikan Segala Aktivitas Bernilai Ibadah

Berikut ini materi teks ceramah mengenai belajar dari kisah Nabi Ibrahim dan orang Majusi yang dapat dipakai untuk khutbah Jumat.

Khutbah I
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

أمَّا بَعْدُ، فَيَاعِبَادَ الله أُوْصِيْكُم وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْن، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Jamaah shalat Jumat hafidhkumullah,
Pada siang yang penuh berkah ini khatib mengingatkan diri sendiri dan mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa bertakwa kepada Allah kapan pun dan di mana pun berada. Yakni, dengan menjalankan seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini