Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya Tentang 2 Pelajaran dari Orang yang Gagal Naik Haji

- Jumat, 17 Juni 2022 | 06:41 WIB
Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya Tentang 2 Pelajaran dari Orang yang Gagal Naik Haji (Pexels/Shams Alam Ansari)
Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya Tentang 2 Pelajaran dari Orang yang Gagal Naik Haji (Pexels/Shams Alam Ansari)

AYOCIREBON.COM -- Simak teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya yang akan diulas lewat artikel di bawah ini.

Materi teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya disampaikan oleh seorang Khatib sebelum melaksanakan sholat Jumat sesuai dengan rukun pelaksanaan yang didahului dengan dua khutbah.

Adapun teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya yang akan diulas dalam tulisan ini tentang dua pelajaran dari orang yang gagal naik haji.

Penyampaian khutbah Jumat oleh Khatib memiliki dua bagian yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua disertai doa yang dipisahkan dengan duduk.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya Tentang Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Berikut ini teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya mengenai dua pelajaran dari orang yang gagal naik haji melansir dari laman NU Online.

Khutbah I
الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَ فِي الْمَالِ حَقًّا لِلْفُقِيْرِ وَالمِسْكِيْنِ وَسَائِرِ اْلمُحْتَاجِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلّ وسّلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وِعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ.

Dalam kitab An-Nawâdir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Qulyubi dikisahkan, suatu hari seorang ulama zuhud Abdullah bin Mubarak berangkat menuju Makkah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, yakni haji.

Namun, ketika ia sampai di kota Kufah, perjalanannya terhenti beberapa saat hingga dirinya batal menunaikan ibadah haji.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini