Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya PDF Tentang Keistimewaan Hari Jumat yang Sering Dilupakan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 07:06 WIB
Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya PDF Tentang Keistimewaan Hari Jumat yang Sering Dilupakan (Pixabay/nneem)
Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya PDF Tentang Keistimewaan Hari Jumat yang Sering Dilupakan (Pixabay/nneem)

AYOCIREBON.COM -- Simak teks khutbah Jumat PDF lengkap dengan doanya yang akan diulas lewat artikel di bawah ini.

Materi teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya disampaikan oleh seorang Khatib sebelum melaksanakan sholat Jumat sesuai dengan rukun pelaksanaan yang didahului dengan dua khutbah.

Adapun teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya PDF yang akan diulas dalam tulisan ini tentang keistimewaan hari Jumat yang sering dilupakan.

Penyampaian khutbah Jumat oleh Khatib memiliki dua bagian yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua disertai doa yang dipisahkan dengan duduk.

Baca Juga: Contoh Khutbah Idul Adha 2022 Tentang Kurban dan Solidaritas Kita di Masa Pandemi

Berikut ini teks khutbah Jumat lengkap dengan doanya mengenai keistimewaan hari Jumat yang sering dilupakan melansir dari laman Khutbah Singkat.

Khutbah I
الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلِ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ، فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah, hari Jumat tergolong unik dalam Islam. Dari segi penamaan, pilihan nama “Jumat” berbeda dari nama-nama hari lainnya.

Kata Jumat dalam Kamus Al-Lughah Al-Arabiyah Al-Ma’ashir dapat dibaca dalam tiga bentuk: Jumu’ah, Jum’ah, dan Juma’ah, yang berarti berkumpul.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Khutbah Singkat

Tags

Artikel Terkait

Terkini