Kuliah Sambil Kerja, Emang Bisa? Berikut Daftar Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa

- Jumat, 1 Juli 2022 | 18:09 WIB
Daftar pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa sambil berkuliah (Pexels/picjumbo.com)
Daftar pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa sambil berkuliah (Pexels/picjumbo.com)

AYOCIREBON.COM – Kegiatan perkuliahan yang cenderung fleksibel dimanfaatkan mahasiswa untuk mencari pekerjaan. Alasan mahasiswa kuliah sambil kerja begitu beragam, mulai dari mengisi waktu luang, cari pengalaman, bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup di perantauan.

Namun, tak mudah menjalani dua aktivitas sekaligus. Mahasiswa harus memiliki manajemen waktu yang baik agar tak mengganggu waktu perkuliahan.

Mahasiswa Jurusan Jurnalistik semester VI, Zidan Raihan Firdaus mengatakan masih kesulitan membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan bekerja.

Baca Juga: Mahasiswa Kura-Kura VS Kupu-Kupu: Kamu Tim Mana?

"Kalo membagi waktu sampai sekarang masih keitung susah, apalagi ikut organisasi dan sekarang sudah menjabat, jadi masih keteteran. Nah itu kadang bentrok antara kuliah, kerja, sama organisasi," ungkapnya.

Meskipun sudah bekerja, Zidan tetap menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama. Menurutnya, kuliah sambil kerja dapat meningkatkan kemampuan dalam manajemen waktu.

"Keuntungannya yang jelas kuliah sambil dapat penghasilan, dan enggak meninggalkan kewajiban sebagai pelajar. Bisa manajemen waktu ya walaupun sampai sekarang belum benar-benar bagus, menambah pengalaman juga," pungkasnya.

Lalu, apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa saat berkuliah? Berikut penjelasannya.

1. Guru Les

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini