Untuk Calon Mahasiswa Baru, Kenali Jurusan Jurnalistik dan Prospek Kerjanya

- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:44 WIB
Untuk Calon Mahasiswa Baru, Kenali Jurusan Jurnalistik dan Prospek Kerjanya (Pixabay)
Untuk Calon Mahasiswa Baru, Kenali Jurusan Jurnalistik dan Prospek Kerjanya (Pixabay)

AYOCIREBON.COM - Calon mahasiswa baru (camaba) yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT) dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan dan kampus.

Tak sedikit, calon mahasiswa baru kebingungan untuk mengambil jurusan pada saat mendaftar, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, ataupun Jalur Prestasi.

Dilansir dari laman LTMPT, salah satu jurusan yang peminatnya tak kurang dari 600 orang di setiap kampus ialah Ilmu Komunikasi Jurnalistik.

Baca Juga: Penting! 5 Hal ini Harus Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum KKN

Salah seorang mahasiswa UIN Bandung, Rindang Setia mengatakan, Jurusan Jurnalistik mempelajari bagaimana cara mencari, mengumpulkan, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita.

"Belajar tentang kejurnalistikan, misalnya kayak membuat berita, mencari berita, pokoknya yang berhubungan dengan berita-berita," kata dia, Selasa 5 Juli 2022.

Menurutnya, jurnalistik ke depan akan semakin banyak diminati dan prospek kerjanya pun sangat menjanjikan.

"Jurusan Jurnalistik bisa jadi reporter atau news anchor, bisa juga jadi penulis berita. Bukan hanya itu, tapi kita sebagai jurnalis juga bisa jadi fotografer," tambahnya.

Senada dengan Rindang, mahasiswa semester VI UIN Bandung Retna Gemilang mengatakan, selain menjadi jurnalis (wartawan), lulusan jurnalistik bisa menjadi videografer, editor, content writer, dan digital marketer.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini