Sejarah Singkat Maulid Nabi Muhammad 2022, Ada Sejak Tahun 341 Hijriah

- Kamis, 29 September 2022 | 13:03 WIB
Sejarah Singkat Maulid Nabi Muhammad 2022, Ada Sejak Tahun 341 Hijriah (Freepik)
Sejarah Singkat Maulid Nabi Muhammad 2022, Ada Sejak Tahun 341 Hijriah (Freepik)

AYOCIREBON.COM -- Maulid Nabi adalah perayaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada bulan Rabiul Awal, yaitu bulan ketiga dalam kalender Hijriyah.

Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi pada 12 Rabiul Awal dan tanggal tersebut hingga kini menjadi hari peringatan Maulid Nabi.

Namun dalam jurnal penelitian berjudul Peringatan Maulid Nabi (Tinjauan Sejarah dan Tradisinya di Indonesia) yang ditulis oleh Moch yusuf menyebutkan bahwa tanggal kelahiran Rasulullah secara historis sosiologis tidak diketahui secara pasti.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Baca Juga: 5 Amalan Hari Jumat untuk Wanita Muslimah

Bagi umat muslim, peringatan tersebut adalah salah satu penghormatan dan peringatan keteladanan serta kebesaran Nabi Muhammad SAW..

Maulid nabi pada tahun ini diperingati pada Jumat, 7 Oktober 2022 hingga malam puncaknya pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Masih dalam jurnal penelitian yang sama, terdapat dua pendapat yang mengawali munculnya tradisi Maulid Nabi di kalangan umat Islam.

Pendapat pertama menyatakan jika tradisi Maulid Nabi ini pertama kali diadakan oleh salah seorang khalifah pada Dinasti Fathimiyyah di Mesir tahun 341 Hijriyah bernama Mu’iz li Dinillah.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini