Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Kenapa Dianjurkan Merayakan Maulid Nabi ?

- Jumat, 30 September 2022 | 10:19 WIB
Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Kenapa Dianjurkan Merayakan Maulid Nabi ? (freepik)
Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Kenapa Dianjurkan Merayakan Maulid Nabi ? (freepik)

AYOCIREBON.COM -- Materi khutbah Jumat singkat, padat, dan jelas mengangkat tema mengenai peringatan Maulid Nabi di bulan Rabiul Awal.

Salah satu rukun pelaksanaan Sholat Jumat yaitu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan sebelum sholat.

Perlu diketahui, khutbah Jumat memiliki dua bagian yakni khutbah pertama dan khutbah kedua yang dipisah dengan duduk.

Berikut ini materi khutbah Jumat singkat, padat, dan jelas bertajuk "Kenapa Dianjurkan Merayakan Maulid Nabi?" mengutip dari NU Online.

Baca Juga: Apakah Maulid Nabi Bid'ah? Ini Hukum Merayakan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW

Khutbah I
اَلْحَمْدُ لِلّٰه، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ،ـ أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (الحج: 77)

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah, hari ini kita telah berada di bulan Rabiul Awal. Bulan maulid Nabi. Bulan kelahiran Nabi.

Pada bulan Rabi’ul Awal, dari tahun ke tahun, sejak pertama kali perayaan maulid ini dilakukan pada awal abad ketujuh hijriah, umat Islam di berbagai belahan dunia merayakannya dengan penuh kegembiraan dan suka cita.

Namun di tahun ini, bisa jadi perayaan maulid di berbagai negara tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya mengingat musim pandemi yang belum kunjung usai.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini