Surat Al mulk, Meski 30 Ayat Punya Keutamaan dan Khasiat yang Dahsyat

- Jumat, 18 November 2022 | 22:15 WIB
Surat Al mulk, Meski 30 Ayat Punya Keutamaan dan Khasiat yang Dahsyat (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Surat Al mulk, Meski 30 Ayat Punya Keutamaan dan Khasiat yang Dahsyat (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

AYOCIREBON.COM-- Bacaan surat al-Mulk dan keutamannya. Surat al-Mulk menjadi pertanda permulaan juz ke-29 Alquran. Tema pokoknya adalah mentauhidkan Allah SWT dengan menggambarkan kesempurnaan ciptaan-Nya. Bahwa hanya Allah SWT yang Mahatinggi (tabaaraka).


Di tangan-Nya segala kekuasaan (biyadihil mulk). Dialah Allah yang bisa berbuat apa saja.

تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ “Mahasuci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Al Mulk ayat 1).

Dengan tema besar tersebut, surat al-Mulk termasuk surat yang mempunyai keistimewaan luar biasa, seperti yang disebutkan Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda:

إنَّ سورةً منَ القرآنِ ثلاثونَ آيةً شفعَت لرجلٍ حتَّى غُفِرَ لَهُ وَهيَ سورةُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

“Sesungguhnya dalam Alquran ada surah yang terdiri atas tiga puluh ayat yang bisa memberikan syafaat kepada siapa yang selalu membacanya yaitu surah Tabarak, yakni al-Mulk)". (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Surat Yasin Ayat 1-83 Lengkap dengan Arti, Latin dan Terjemahan   

Untuk membuktikan tema pokok tersebut, surat al-Mulk menunjukkan bahwa hanya Allah SWT yang bisa menciptakan kematian dan kehidupan, "khalaqal mauta wal hayaata" (QS 67: 2).

Penggunaan kata khalaqa membuktikan kesempurnaan ciptaan-Nya dalam membuat kehidupan dan kematian. Bahwa itu tidak mungkin dilakukan oleh siapapun selain-Nya. 

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini