Bulan Syaban Jatuh Pada 22 Februari 2023, Ini Arti Malam Nisfu Syaban dan Amalan Bulan Syaban

- Rabu, 1 Februari 2023 | 07:07 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa. Bulan Syaban Jatuh Pada 22 Februari 2023, Ini Arti dan Keutamaan Malam Nisfu Syaban (Pixabay/mgstudyo)
Ilustrasi. Bacaan doa. Bulan Syaban Jatuh Pada 22 Februari 2023, Ini Arti dan Keutamaan Malam Nisfu Syaban (Pixabay/mgstudyo)

 

AYOCIREBON.COM—Dalam penanggalan Hijriyah, sebentar lagi Umat Islam akan memasuki bulan Syaban 1444 H, bulan sebelum Ramadan.

Bukan Syaban jatuh pada tanggal 22 Februari 2023.

Di bulan Syaban ada malam Nisfu Syaban yang mempunyai banyak keutaman.

Masih banyak yang mempertanyakan saat malam Nisfu Syaban sebaiknya baca apa saja? Dalam artikel ini akan diulas bacaan apa saja yang disarankan untuk diamalkan saat malam nisfu syaban

Baca Juga: Kapan Puasa Syaban 2023? ini Tata Cara Puasa, Bacaan Niat dan Buka Puasa Syaban 1444 H

Syaban adalah bulan penuh berkah dan kebaikan. Melansir dari NU online, pada momen nisfu syaban, Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya bagi umat muslim. Oleh sebab itu, pada bulan Syaban inilah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah dan amalan. Dalam sebuah hadis HR Al-Bukhari, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW sering menunaikan puasa sunah pada nisfu syaban dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Baca Juga: Kapan Jadwal Isra Miraj 2023? Apakah Hari Libur? Ini Penjelasannya

Lalu Nisfu Syaban artinya apa? Nisfu artinya pertengahan. Sehingga Nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Syaban. Nisfu Syaban juga dikenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Sha'ban. Peringatan malam Nisfu Syaban berlangsung setiap malam tanggal 15 Syaban.

Dalam kalender masehi 1444 H, Nisfu Syaban terjadi pada 6-7 Maret 2023 mendatang.

Berikut ini amalan nisfu syaban yang bisa dilakukan oleh umat muslim melansir dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Baca Juga: Nisfu Syaban 2023 atau 1444 H Jatuh Pada Tanggal? Ini Penjelasannya

1. Memperbanyak Doa

Anjuran untuk memperbanyak doa selama bulan ini tertuang dalam hadis riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah bersabda:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini