Gus Miftah Murka Melihat Video Orang Tendang Sesaji di Gunung Semeru: yang Perlu Diubah itu Otak dan Cara Pand

- Minggu, 9 Januari 2022 | 19:15 WIB
Gus Miftah Murka Melihat Video Orang Tendang Sesaji di Gunung Semeru: yang Perlu Diubah itu Otak dan Cara Pandang! (instagram/gusmiftah)
Gus Miftah Murka Melihat Video Orang Tendang Sesaji di Gunung Semeru: yang Perlu Diubah itu Otak dan Cara Pandang! (instagram/gusmiftah)

AYOCIREBON.COM -- Gus Miftah melalui akun Instagram pribadinya menanggapi video viral seorang laki-laki yang membuang dan menendang sesaji di Gunung Semeru.

Video yang diunggah Gus Miftah pada 9 Januari 2022 itu menampilkan seorang laki-laki yang sedang berada di Gunung Semeru dan seketika melihat dua baki sesaji.

Baca Juga: Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui Situs SnapTik

Lelaki dalam video yang diunggah Gus Miftah itu kemudian membuang dan menendang sesaji sambil berucap takbir. Sebelumnya, lelaki itu berkata, "Ini yang membuat murka Allah, ya, jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah hingga menurunkan azabnya."

Dalam keterangan unggahan, Gus Miftah menulis bahwa adanya sesaji itu menunjukkan keberagaman adat istiadat yang dimiliki setiap daerah.

Baca Juga: Jadwal Acara TV GTV Senin 10 Januari 2022 serta Link Streaming Sinetron IPA & IPS

"Desa mawa cara, negara mawa tata. Setiap daerah memiliki adat atau aturan yang berbeda," tulisnya.

Gus Miftah juga memberi nasehat untuk tidak merasa diri paling pandai, "Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka. Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka."

Gus Miftah juga menuliskan tanggapan bahwa yang perlu diubah itu pikiran dan cara pandang terhadap sebuah budaya, bukan budyanya yang diubah.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini