Kemenhub Pastikan Aturan Hapus Tes PCR dan Antigen Belum Berlaku, Begini Syarat Naik Kereta Api di Cirebon

- Selasa, 8 Maret 2022 | 10:40 WIB
Ilustrasi perjalanan kereta api. (Pexels/veerasak Piyawatanakul)
Ilustrasi perjalanan kereta api. (Pexels/veerasak Piyawatanakul)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM- Penghapusan tes PCR maupun tes rapid antigen dipastikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum menjadi kebijakan bagi pelaku perjalanan domestik.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengemukakan penghapusan tes PCR dan tes rapid antigen tak perlu lagi dilakukan para pelaku perjalanan domestik, baik pengguna moda transportasi udara, laut, maupun darat.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, kebijakan itu belum dapat diterapkan sebab ketiadaan surat dari otoritas terkait.

"Hingga saat ini, terkait syarat perjalanan dalam negeri dan internasional, Kementerian Perhubungan selalu merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid 19," jelas Adita dalam keterangan resmi yang diterima Ayo Indonesia, Selasa 8 Maret 2022.

Dengan kata lain, penghapusan tes PCR dan tes rapid antigen bagi pelaku perjalanan domestik masih merujuk pada aturan sebelumnya.

"Aturan yang berlaku sampai saat ini masih merujuk pada SE Satgas Nomor 22 Tahun 2021," tegasnya.

Namun begitu, penghapusan tes PCR dan tes rapid antigen bagi pelaku perjalanan domestik tak ditampiknya akan berlaku sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Kebijakan itu, lanjutnya, akan diberlakukan setelah Satgas Penanganan Covid 19 merevisi ketentuan sebelumnya.

"Kami akan menyesuaikan sesegera mungkin setelah Satgas Covid 19 melakukan revisi terhadap ketentuan yang ada dan segera mengumumkan kepada masyarakat," janjinya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini