Duh! Kekurangan Dana, Kontingen SEA Games Indonesia Dipangkas

- Rabu, 23 Maret 2022 | 12:56 WIB
Duh! Kekurangan Dana, Kontingen SEA Games Indonesia Dipangkas (nocindonesia.id)
Duh! Kekurangan Dana, Kontingen SEA Games Indonesia Dipangkas (nocindonesia.id)

AYOCIREBON.COM - Kabar kurang sedap berembus dari dunia olahraga tanah air. Lantaran kekurangan dana, kontingen SEA Games Indonesia yang bakal mentas di SEA Games Vietnam 2022 terpaksa dipangkas.

Dilansir dari republika.co.id, keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akhir pekan lalu. Dalam rapat tersebut, diambil keputusan perampingan kontingen Indonesia dalam SEA Games 2021 Vietnam mendatang.

“Kami perlu mengurangi jumlah kontingen, mengingat konsep yang diterapkan di SEA Games ini konsep tempur, bukan latihan. Kami menggunakan skema ramping dan efisien,” kata Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono dalam keterangan pers.

Baca Juga: Seru! Roy Suryo dan Yustinus Prastowo Perang di Twiter tentang MANDALIKA, Bawa-bawa Panci

Pengurangan jumlah kontingen ini disebut KOI sebagai skema ramping dan efisien. Skema ramping dan efisien bakal digunakan untuk pemberangkatan kontingen menuju SEA Games 2021 Vietnam, 12-24 Mei. Sistem tersebut dinilai menjadi upaya terbaik dalam menyiasati keterbatasan anggaran pemerintah.

Dengan skema tersebut, lanjut Ferry, KOI harus membatasi kuota pelatih hingga tenaga pendukung.

Diinformasikan sebelumnya, penundaan SEA Games ke-31 yang seharusnya diselenggarakan 2021 memengaruhi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) 2022 Kemenpora.

Sebab, Komisi X DPR RI telah menyetujui pagu definitif Kemenpora RI Tahun Anggaran 2022 sejak September 2021, di mana fokus Kemenpora adalah Asian Games 2022 Hangzhou.

Baca Juga: Bikin NGAKAK, Marc Marquez Ditolak Rumah Sakit karena Gak Punya BPJS

“Jadi tidak semua pelatih berangkat, begitu juga apabila cabor mau mengikutsertakan tim dokter atau masseur khusus. Kami akan lihat apakah mereka mau membantu cabor lain. Termasuk mekanik, misalnya cabor balap sepeda, apakah mereka juga mau membantu teknis di cabor lain, seperti sepeda yang akan digunakan atlet triathlon,” kata Ferry.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! UMK Pekanbaru 2023 Naik Jadi Rp3,31 Juta

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:04 WIB