Mulai April 2022 Tilang Elektronik Berlaku di Tol, Ini Sasarannya

- Kamis, 31 Maret 2022 | 10:13 WIB
Ilustrasi jalan tol. Mulai April 2022, Korlantas Polri memberlakukan tilang elektronik di jalan tol. (Pixabay/markusspiske)
Ilustrasi jalan tol. Mulai April 2022, Korlantas Polri memberlakukan tilang elektronik di jalan tol. (Pixabay/markusspiske)

AYOCIREBON.COM- Tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement / ETLE) di jalan tol akan mulai diberlakukan Korlantas Polri pada awal April 2022.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan meyakinkan, tilang elektronik di jalan tol dimaksudkan menghindari interaksi pelanggar dan petugas.

"Penegakan hukum berbasis IT ini untuk menghindari interaksi petugas dan pelanggar, menghindari konflik pelanggar dan petugas," terangnya melansir laman Korlantas yang diunggah 26 Maret 2022.

Aan menyebutkan, tilang elektronik di jalan tol menyasar 2 jenis pelanggaran, yakni pelanggaran batas kecepatan di tol dan truk dengan muatan berlebih atau over dimension over loading (ODOL).

Untuk memantau pelanggaran batas kecepatan di tol, pihaknya memasang speed camera (traffic enforcement camera).

Sementara, untuk menangkap pelanggaran kendaraan ODOL, dipasanglah Weigh In Motion (WIM).

Pihaknya berkolaborasi dengan Jasa Marga dalam penegakan tilang elektronik di jalan tol.

Aan menjelaskan, bagi kendaraan dengan kecepatan yang melebihi batas, speed camera dapat menangkap gambar kendaraan bersama pelat nomornya.

Sementara, setiap kendaraan berat yang melewati sensor WIM, akan mendeteksi muatan hingga dapat diketahui pelanggaran ODOL.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini