Demo BEM SI 11 APRIL 2022, Jangan Gunakan Peluru Tajam untuk Pengamanan!

- Senin, 11 April 2022 | 02:25 WIB
Demo BEM SI 11 APRIL 2022, Jangan Gunakan Peluru Tajam untuk Pengamanan! (Pikiran Rakyat)
Demo BEM SI 11 APRIL 2022, Jangan Gunakan Peluru Tajam untuk Pengamanan! (Pikiran Rakyat)

AYOCIREBON.COM - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta pemerintah dan aparat keamanan supaya tak menghalang-halangi Demo BEM SI 11 April 2022 Istana Negara, Jakarta.

Dia pun meminta aparat tidak memakai peluru tajam waktu mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

Diterangkan Anwar, melansir republika.co.id, demonstrasi adalah bagian menurut demokrasi dan kentara dilindungi undang-undang. Lantaran itu, pihaknya meminta pemerintah menghormati hak rakyat buat menyatakan pendapat lewat demonstrasi.

Baca Juga: Jelang Demo 11 April 2022 : Tagar Saya Bersama Jokowi Salip Mahasiswa Bergerak, Pakai Bot ?

"MUI mengimbau kepada pemerintah dan seluruh pihak terkait agar menghormati hak-hak dari mahasiswa dan rakyat yang ikut berunjuk rasa dengan tidak menghambat dan menghalang-halangi kelompok mahasiswa atau peserta unjuk rasa yang akan datang ke Jakarta, yang akan datang dari berbagai daerah, agar mereka bisa menyampaikan aspirasinya dengan baik," urainya dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 10 April 2022.

Bila aparat menggunakan peluru tajam dan melanggar hak asasi manusia, Anwar melanjutkan, orang-orang akan sakit hati. Insiden itu akan meninggalkan bekas luka yang dalam di hati orang-orang. Hal ini tentu tidak baik untuk masa depan demokrasi Indonesia.

Selain itu, Anwar mengatakan MUI meminta para mahasiswa menyampaikan keinginannya secara tertib. Peserta aksi jangan bertindak secara semrawut dan tidak boleh melanggar hukum.

Sementara itu, usai rapat koordinasi terbatas perkembangan situasi politik dan keamanan di kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Sabtu, 9 April 2022, Menko Polhukam Mahfud MD, mengingatkan aparat keamanan dan penegak hukum untuk tidak membawa peluru tajam selama operasi keamanan.

Baca Juga: Bukan Lengserkan Presiden Jokowi, Ini Tuntutan Mahasiswa pada Demo 11 April 2022 yang Libatkan 1.000 Orang

Dia berkata adanya demo BEM SI 11 April 2022 tersebut merupakan bagian dari demokrasi. Meski demikian, lanjut dia, Indonesia juga adalah negara nomokrasi atau negara hukum.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! UMK Pekanbaru 2023 Naik Jadi Rp3,31 Juta

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:04 WIB