Dinilai Langgar HAM, Gerakan Somasi PeduliLindungi Viral di Twitter

- Senin, 18 April 2022 | 06:18 WIB
Ilustrasi PeduliLindungi (Kominfo)
Ilustrasi PeduliLindungi (Kominfo)

AYOCIREBON.COM - Gerakan somasi PeduliLindungi viral di Twitter. Salah satu alasannya lantaran aplikasi PeduliLindungi dinilai melanggar HAM.

Gerakan somasi PeduliLindungi ini diunggah melalui pengumuman via akun Twitter @GratisTerbaik yang diunggah pada 17 April 2022.

Dalam unggahan tersebut, dituliskan bahwa surat keberatan untuk menghentikan PeduliLindungi bakal dilayangkan ke Menkes dan Menkominfo pada 18 April 2022.

Baca Juga: Lakukan Ini Bila Tiket dan Jadwal Vaksin Booster Kamu Tidak Ada di PeduliLindungi

"Besok Senin 18.04 kami akan mengajukan surat keberatan ke Menkes dan Menkominfo untuk menghentikan PeduliLindungi! Siapapun yang ingin mendukung ini dapat bergabung paling lambat jam 10 di gedung Kemenkes untuk ttd surat," tertulis pada keterangan.

Somasi PeduliLindungi viral di Twitter (Twitter @GratisTerbaik)

Dalam unggahan yang menjadi utas ini dilampirkan pula surat (draft) somasi berisi sejumlah tuntutan dan alasan keberatan.

Di dalam draft, tertulis bahwa berkas surat bernomor ARMINV/2022/1 tersebut berisi perihal 'permohonan upaya keberatan administratif terhadap tindakan kewajiban penggunaan aplikasi Covid-19 untuk smartphone'.

Surat tersebut ditujukan kepada Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

"Yang bertanda tangan di lampiran “peserta permohonan”, selanjutnya disebut “para pemohon”, dalam hal ini memohon kepada Yang Terhormat Bapak Budi Gunadi Sadikin, selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia, untuk segera melakukan tindakan menghentikan semua kewajiban penggunaan aplikasi Covid19 seperti Peduli Lindungi, e-HAC dan aplikasi lainnya serta menghapus semua aplikasi dan data terkait yang tersedia saat ini pada aplikasi tersebut," demikian dalam lampiran draft.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar 12 Outlet Holywings yang Ditutup Pemerintah

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:42 WIB

Jemaah Haji Indonesia Dilarang Bawa Pulang Zamzam

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:25 WIB