Masih Dibatasi, Ini Aturan Halalbihalal Idulfitri 2022 dari Kemendagri

- Sabtu, 23 April 2022 | 12:46 WIB
Ketupat sebagai salah satu sajian saat Idulfitri. Kemendagri mengeluarkan aturan halalbihalal Idulfitri 2022. (Unsplash/Mufid Majnun)
Ketupat sebagai salah satu sajian saat Idulfitri. Kemendagri mengeluarkan aturan halalbihalal Idulfitri 2022. (Unsplash/Mufid Majnun)

AYOCIREBON.COM- Pemerintah melonggarkan momentum Idulfitri 2022, salah satunya melalui halalbihalal, selain mudik lebaran.

Kegiatan halalbihalal adalah tradisi bermaaf - maafan di Indonesia setelah puasa di bulan Ramadan, yang pada Idulfitri 2022 boleh digelar.

Namun begitu, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih memberlakukan pembatasan dalam aturan halalbihalal 2022 saat Idulfitri 2022.

Pada aturan halalbihalal 2022, pelaksanaannya menyesuaikan level PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di suatu daerah yang ditetapkan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid 19 di Wilayah Jawa dan Bali serta Inmendagri tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1.

Baca Juga: Siap - siap Tambah Saldo E Toll, Transaksi di GT Palimanan Tol Cipali Dialihkan saat Arus Mudik Lebaran 2022

Menyarikan Republika, dalam Surat Edaran (SE) Nomor 003 / 2219 / SJ tentang Pelaksanaan Halalbihalal pada Perayaan Idulfitri Tahun 1443 H bertanggal 22 April 2022, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merinci, maksimal jumlah tamu yang dapat hadir pada acara halal bihalal adalah 50% dari kapasitas tempat untuk daerah yang masuk kategori level 3.

Sementara, 75% untuk daerah yang berada di level 2 dan 100% untuk daerah yang masuk kategori level 1.

Untuk kegiatan halalbihalal dengan jumlah di atas 100 orang, makanan atau minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang.

Selain itu, tidak diperbolehkan ada makanan / minuman yang disajikan di tempat (prasmanan) serta harus menghindari acara makan - makan ramai yang membuat peserta membuka masker karena rawan penularan Covid 19.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini