Status Gunung Anak Krakatau Level 3 Siaga, BMKG: Siapkan Rencana Evakuasi

- Selasa, 26 April 2022 | 12:04 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh masyarakat untuk bersiaga setelah Gunung Anak Krakatau (GAK) berstatus Level 3. (Wikimedia Commons/Dwi Bayu Radius/Lisensi CC)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh masyarakat untuk bersiaga setelah Gunung Anak Krakatau (GAK) berstatus Level 3. (Wikimedia Commons/Dwi Bayu Radius/Lisensi CC)

AYOCIREBON.COM -- Status Gunung Anak Krakatau meningkat dari Level 2 (waspada) menjadi Level 3 (siaga). Hal itu diinformasikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Dengan status siaga pada Gunung Anak Krakatau, Dwikorita Karnawati meminta masyarakat sekitar gunung berapi tersebut untuk selalu siap siaga.

Menanggapi peningkatan status Gunung Anak Krakatau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau agar pemerintah daerah dan pengelola usaha mulai mempersiapkan rencana evaluasi.

Hal tersebut diunggkapkan dalam konferensi pers kewaspadaan Gunung Anak Kratakau secara daring di Jakarta, Senin, 25 April 2022 malam.

Baca Juga: JALUR ALTERNATIF PANTURA BREBES-TEGAL MACET TOTAL!

"Jadi bukan pada level evakuasi, bukan sama sekali, tapi memberikan informasi ke semua pihak baik pengelola pelayaran, pengelola hotel ada pemerintah daerah, kepada masyarakat bahwa mulai siap siaga," kata Dwikorita dikutip dari Suara.com.

"Yang artinya misalnya sudah siapkan dan evakuasi, siapkan tempat evakuasi dicek, karena kalau lama nggak dipakai terakhir 2018, rambunya mungkin sudah pada hilang," sambungnya.

Dwikorita melanjutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat juga perlu memasang kembali rambu-rambu evakuasi dan shelter yang sudah tidak jelas terlihat oleh masyarakat.

BPBD juga diminta mempersiapkan jaringan komunikasi, meskipun peralatan untuk memantau aktivitas Anak Krakatau sudah canggih. Sebab tanpa jaringan tersebut, maka penyampaian informasi akan terhambat.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini