Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

- Jumat, 6 Mei 2022 | 08:53 WIB
Seorang anak mengenakan masker sebagai salah satu cara mencegah hepatitis akut misterius yang melanda sebagian dunia. (Pixabay/drfuenteshernandez)
Seorang anak mengenakan masker sebagai salah satu cara mencegah hepatitis akut misterius yang melanda sebagian dunia. (Pixabay/drfuenteshernandez)

AYOCIREBON.COM- Di tengah libur Lebaran 2022, hepatitis akut misterius mewabah di dunia. Simak gejala hepatitis akut dan cara mencegahnya.

Sejauh ini, berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus hepatitis akut misterius telah menyerang bayi dan anak anak di Inggris Raya sejak 5 April 2022.

Sekitar 21 April 2022, kasus hepatitis akut misterius juga ditemukan di Irlandia, Spanyol, Irlandia Utara, Israel, Amerika Serikat, Denmark, Belanda, Italia, Norwegia, Prancis, Rumania, dan Belgia.

Selain itu, belakangan kasus serupa juga ditemukan di Jepang, Kanada, maupun Singapura.

Penyakit hepatitis akut menular melalui saluran cerna dan saluran pernapasan, sebab virus yang menyebabkan penyakit ini terutama menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan.

Indonesia sendiri sempat digegerkan kasus kematian 3 anak yang diduga akibat terpapar hepatitis akut misterius.

Namun, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) menyebut, kematian ke - 3 anak tersebut belum dapat dikategorikan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat.

"Tapi, masuk pada kriteria pending klasifikasi karena masih ada pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan," terang juru Bicara Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi.

Pemeriksaan laboratorium dimaksud berupa pemeriksaan Adenovirus dan pemeriksaan Hepatitis E selama 10 - 14 hari ke depan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perlukah Ganja Medis Dilegalkan di Indonesia?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:52 WIB

Daftar 12 Outlet Holywings yang Ditutup Pemerintah

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:42 WIB