Hari Raya Waisak 2022 : Momentum Menjaga Nilai Keragaman

- Senin, 16 Mei 2022 | 08:24 WIB
Seorang biksu berdoa di komplek Candi Borobudur, Jawa Tengah. Hari Raya Waisak dipandang sebagai momentum menjaga nilai - nilai keragaman. (Pixabay/agus santoso)
Seorang biksu berdoa di komplek Candi Borobudur, Jawa Tengah. Hari Raya Waisak dipandang sebagai momentum menjaga nilai - nilai keragaman. (Pixabay/agus santoso)

AYOCIREBON.COM- Hari Raya Waisak adalah hari untuk memperingati lahirnya Siddharta Gautama yang pula dikenal sebagai sang Buddha.

Tiada tanggal pasti untuk peringatan Hari Raya Waisak sebab hari istimewa ini tergantung pada bulan purnama pertama bulan lunar kuno Waisak, yang lazimnya jatuh pada Mei atau awal Juni.

Hari Raya Waisak digelar untuk memperingati 3 momen penting yang dinamakan Trisuci Waisak, masing - masing kelahiran Pangeran Sidharta, pencapaian Penerangan Agung Pangeran Siddharta dan menjadi Buddha, serta momen wafatnya Buddha Gautama.

Di Indonesia, perayaan Hari Raya Waisak umumnya dipusatkan secara nasional di kompleks Candi Borobudur, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tahun ini, perayaan Hari Raya Waisak 2566 BE / 2022 mengangkat tema 'Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati'.

Baca Juga: 10 Gambar Ucapan Hari Raya Waisak 2022, Berikut Ucapan yang Lazim Disampaikan

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo mengatakan, Waisak menjadi salah satu momentum untuk memperkuat persatuan dan merawat nilai - nilai keragaman.

"Perayaan ini merupakan momentum untuk meneguhkan semangat persaudaraan sejati dalam meneguhkan nilai nilai persatuan dan gotong royong mewujudkan kebersamaan dalam mewujudkan cita - cita kemerdekaan, yakni masyarakat adil dan makmur, lewat jalan kebijaksanaan, yakni merawat nilai - nilai kemajemukan dalam menjaga nilai - nilai keragaman," kata Benny dalam keterangan tertulisnya yang dilansir Ayo Cirebon dari Republika (jejaring Ayo Cirebon), Senin, 16 Mei 2022.

Benny mengatakan, nilai - nilai Pancasila sejatinya harus bisa diaktualisasikan dalam bentuk semua perilaku dan tindak kehidupan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tjahjo Kumolo Berpulang, PDIP Berduka

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:04 WIB

Perlukah Ganja Medis Dilegalkan di Indonesia?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:52 WIB

Daftar 12 Outlet Holywings yang Ditutup Pemerintah

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:42 WIB