Ketika Covid 19 jadi Endemi, Bagaimana Penanganannya kemudian ?

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:53 WIB
Ilustrasi seorang anak melepas masker. Pemerintah menyiapkan skema penanganan setelah Covid 19 menjadi endemi. (Pixabay/Alexandra_Koch)
Ilustrasi seorang anak melepas masker. Pemerintah menyiapkan skema penanganan setelah Covid 19 menjadi endemi. (Pixabay/Alexandra_Koch)

AYOCIREBON.COM- Pemerintah menyiapkan skema penanganan Covid 19 setelah berubah status dari pandemi menjadi endemi.

Sampai kini, kasus Covid 19 di Indonesia menunjukkan pelandaian.

Pemerintah bahkan telah melonggarkan aturan terkait Covid 19, salah satunya melepas masker di ruang terbuka yang tak padat orang.

Satgas Penanganan Covid 19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memandang, kebijakan lepas masker tersebut tepat dengan alasan risiko penularan penyakit menular ini sudah rendah di Indonesia.

Menteri Kesehatan RI (Menkes RI), Budi Gunadi menyampaikan, kebijakan lepas masker menjadi salah satu langkah awal peralihan (transisi) dari pandemi ke endemi.

Lantas, bagaimana penanganan Covid 19 di Indonesia bila kelak penyakit ini berubah dari pandemi menjadi endemi ?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan, penanganan Covid 19 akan layaknya penyakit biasa bila Covid 19 menjadi endemi.

Menurut dia, hal itu akan berpengaruh terhadap skema pembiayaan dan pengobatan pasien Covid 19.

"Namanya endemi itu penyakitnya masih ada, tapi sudah tidak lagi mewabah. Karena itu, akan diperlakukan seperti penyakit infeksius lain, seperti TB, pokoknya penyakit yang berkaitan dengan bakteri, virus, dan jamur yang biasa menjadi infeksi," kata Muhadjir Effendy dalam siaran pers, Minggu, 22 Mei 2022, dikutip Ayo Cirebon dari Republika.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tjahjo Kumolo Berpulang, PDIP Berduka

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:04 WIB

Perlukah Ganja Medis Dilegalkan di Indonesia?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:52 WIB

Daftar 12 Outlet Holywings yang Ditutup Pemerintah

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:42 WIB