Harga Tiket Candi Borobudur Naik, Biksu Sri Pannyavaro Mahathera: Rakyat Kecil Sampai Mati Tak Mampu ke Candi

- Selasa, 7 Juni 2022 | 12:13 WIB
Harga Tiket Candi Borobudur Naik, Biksu Sri Pannyavaro Mahathera: Rakyat Kecil Sampai Mati Tak Mampu ke Candi (Pixabay/Jonathan-Smit)
Harga Tiket Candi Borobudur Naik, Biksu Sri Pannyavaro Mahathera: Rakyat Kecil Sampai Mati Tak Mampu ke Candi (Pixabay/Jonathan-Smit)

AYOCIREBON.COM -- Kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur bagi turis lokal maupun asing masih menjadi perbincangan hangat, bahkan Biksu Sri Pannyavaro Mahathera melontarkan pendapat yang menohok.

Seperti diketahui, harga tiket Candi Borobudur dikabarkan akan naik menjadi Rp750.000 bagi turis lokal juga pembatasan kuota 1.200 orang yang diijinkan naik ke candi.

Kepala Wihata Mendut, Biksu Sri Pannyavaro Mahathera ungkapkan keberatannya akan harga tiket ke Candi Borobudur yang menurutkan dapat memberatkan rakyat kecil.

Meski begitu, Biksu Sri Pannyavaro Mahathera tetap setuju dengan pembatasan kuota 1.200 orang yang bisa naik ke Candi Borobudur.

Baca Juga: RASULULLAH DIHINA POLITIKUS INDIA, Indonesia Layangkan Kutukan!

"Rakyat kecil (umat Buddha) hingga meninggal dunia pun tidak akan mampu melakukan puja atau pradaksina ke atas candi karena bagi mereka Rp750.000 per orang sangatlah mahal," ucap Biksu Sri Pannyavaro Mahathera dalam siaran pers di Magelang seperti dikutip dari Suara.com.

Biksu Sri Pannyavaro Mahathera yang juga merupakan Kepala Sangha Teravada Indonesia melontarkan pendapat menohok agar jangan hanya orang berduit yang bisa naik ke atas candi.

Meski ada jalan lain yakni dengan menjadi biksu terlebih dahulu atau bahkan kembali menjadi murid sekolah, kedua cara itu kurang memungkinkan bagi mereka yang tidak mampu untuk bisa naik ke Candi Borobudur.

Biksu Sri Pannyavaro Mahathera berharap umat Buddha dapat bersabar menanti antrean untuk naik ke Candi Borobudur seperti halnya umat Islam yang juga sabar menanti antrean ibadah haji.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini